Puan Yakin Panglima Yudo Margono Akan Buat Institusi TNI Makin Kuat

  • Bagikan
Puan Yakin Panglima Yudo Margono Akan Buat Institusi TNI Makin Kuat
Ketua DPR Puan Maharani dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono/Dok.DPR
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang baru saja dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo akan membuat institusi TNI makin kuat.

Puan Maharani menyampaikan hal itu saat menghadiri pelantikan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI bersama ibunya, presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, di Istana Negara, Jakarta.

“Saya yakin Laksamana Yudo akan membuat TNI makin kuat bersama rakyat. Selamat mengabdi bagi negara kita tercinta,” kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (19/12).

Puan lantas memberikan ucapan selamat langsung kepada Yudo atas tugas baru sebagai Panglima TNI selepas prosesi pelantikan usai.

“Selamat atas pelantikan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI yang baru. Semoga amanah dalam mengemban tugas dan tanggung jawab pada bangsa dan negara,” katanya.

Puan mengingatkan agar Yudo dapat membawa TNI terus mengayomi rakyat di tengah tugas menjaga kedaulatan Indonesia, serta senantiasa humanis kepada rakyat.

Ia juga kembali meminta agar Laksamana Yudo memastikan prajurit TNI netral dari politik praktis, terlebih saat ini sudah memasuki tahun politik.

“Laksamana Yudo kepada DPR telah memberi jaminan akan netralitas TNI. Kami berharap tidak ada persoalan politik yang berkaitan dengan TNI jelang dan saat pelaksanaan Pemilu 2024,” tuturnya.

Ia meminta pula agar Yudo meneruskan program-program Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa terdahulu sebab tongkat estafet Panglima TNI yang diberikan sepaket pula dengan program-program kepemimpinan sebelumnya.

“Khususnya program dan kebijakan strategis unggulan yang dapat memperkuat kinerja TNI,” ucapnya.

Ia memastikan DPR RI akan terus memberi dukungan demi kelancaran tugas-tugas TNI, salah satunya dalam upaya pemenuhan Minimum Essential Force (MEF) atau standar kekuatan pokok minimum TNI.

“Semoga MEF renstra ketiga dapat terealisasi seperti yang ditargetkan demi kekuatan penjaga keutuhan NKRI,” katanya.

Ia meyakini Yudo dapat memberikan kepemimpinan dan pengabdian terbaiknya bagi institusi TNI. Untuk itu, dia berharap Yudo dapat terus menjaga soliditas TNI, baik untuk internal maupun sinergisme bersama Polri.

“Kami di DPR siap membantu visi dan misi Laksamana Yudo agar prajurit-prajurit TNI dapat menjadi patriot NKRI yang profesional, modern, dan tangguh,” kata Puan.

Pada kesempatan tersebut, Puan dan Megawati berfoto bersama dengan Yudo dan Andika. Ia kemudian menyampaikan apresiasi kepada Andika yang resmi diberhentikan dengan hormat sebagai Panglima TNI bersamaan dengan pelantikan Yudo.

“Terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasa yang diberikan Jenderal Andika Perkasa selama menjadi prajurit dan Panglima TNI. Darma bakti Jenderal Andika tentunya sangat berarti bagi bangsa dan negara serta seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Pelantikan Yudo Margono dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91 TNI tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia, yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 19 Desember 2022.[prs]

  • Bagikan