Hadirkan Kenyamanan Ruang Publik, Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Alun-alun Singaparna

  • Bagikan
Hadirkan Kenyamanan Ruang Publik, Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Alun-alun Singaparna
Ridwan Kamil saat meresmikan Alun-alun Singaparna. //NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan wajah baru Alun-alun Singaparna di Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki daya tarik sendiri, sehingga menjadi tempat yang akan ramai dikunjungi oleh masyarakat maupun pengguna jalan yang datang dari luar kota.

“Ini salah satu program dan janji kami hari ini diresmikan, yaitu Alun-alun Singaparna, mudah-mudahan bermanfaat,” kata Ridwan Kamil, saat peresmian Alun-alun Singaparna, di Tasikmalaya, Sabtu (14/1/2023).

Ia menuturkan penataan Alun-alun Singaparna merupakan salah satu tempat yang menjadi program Pemerintah Provinsi Jabar dalam rangka menghadirkan ruang publik yang nyaman bagi masyarakat.

Alun-alun Singaparna yang sebelumnya kurang terawat, kata dia, kini terlihat lebih rapi, indah, dan nyaman, sehingga menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

“Pesan saya, jaga kebersihan, jaga ketertiban, sebab ini menjadi kebanggaan baru masyarakat Singaparna, di mana biasanya dilewatkan saja, tapi sekarang bisa jadi tempat transit yang membanggakan,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Ia menyampaikan penataan Alun-alun Singaparna dilakukan selama satu tahun anggaran dengan skema pembiayaan Bantuan Keuangan Pemerintah Provinsi Jabar.

Fasilitas yang dibangun, kata dia, berupa ruang terbuka, amfiteater, plaza, jalur untuk jalan kaki, dan arena bermain anak-anak.

“Ini alun-alun dipersembahkan kepada masyarakat Singaparna sebagai ‘kanyaah’ (rasa sayang) kami kepada warga Tasikmalaya,” kata Kang Emil.

Ia menambahkan ke depan tidak hanya Alun-alun Singaparna, tapi akan ditata juga alun-alun lainnya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya yakni Alun-alun Ciawi, dan Cikatomas agar lebih menarik dan indah.

“Selain ini, Alun-alun Ciawi dan Cikatomas juga akan dilakukan hal yang sama, sehingga Kabupaten Tasikmakaya menjadi luar biasa,” kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto yang hadir dalam acara peresmian itu menyampaikan terima kasih adanya perhatian dari Pemerintah Provinsi Jabae yang sudah menjadikan Alun-alun Singaparna bagus.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dan berterima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur atas bantuan anggaran dan desain Taman Alun-alun Singaparna, sangat luar biasa,” kata Ade. (ndi)

  • Bagikan