Isuzu Torehkan Sejarah Baru Angka Penjualan di Indonesia pada 2022

Realitarakyat.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menorehkan sejarah baru angka penjualan tertinggi pada 2022 yaitu mencapai 33.715 unit atau mengalami peningkatan sebesar 23,6 persen dari penjualan tahun sebelumnya.

Torehan ini menjadi yang tertinggi sejak kali pertama PT IAMI meramaikan pasar otomotif Indonesia tahun 1974. Total penjualan mobil secara nasional tumbuh sebesar 17,4 persen dibandingkan tahun lalu dan penjualan kendaraan niaga meningkat 10,6 persen.

“Sepanjang tahun 2022 menjadi saat yang paling membanggakan PT Isuzu Astra Motor Indonesia karena berhasil mencatatkan rekor sejarah baru,” kata Presiden Direktur PT IAMI Jap Ernando Demily, kepada awak media, di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Ia pun menambahkan Isuzu ikut mengalami pertumbuhan lebih tinggi dari pasar kendaraan niaga yaitu sebesar 20,6 persen sepanjang 2022.

Capaian ini tidak terlepas dari keputusan strategis yang diambil oleh PT IAMI untuk berpindah fokus dari passenger car (mobil penumpang) ke commercial vehicle (kendaraan niaga) pada tahun 2008. Perubahan fokus itu dilatarbelakangi oleh visi dan misi perusahaan untuk menjadi pemain dominan dan manufaktur kelas dunia

Ernando menambahkan kesuksesan juga berkat keberhasilan Isuzu dalam melakukan transisi dari standar emisi Euro2 ke Euro4. Seperti diketahui pada April 2022 seluruh kendaraan Isuzu yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan mesin dengan teknologi common rail dengan standar emisi Euro4 yang telah digunakan oleh Isuzu Giga sejak tahun 2011.

Menurut Ernando, pengalaman dalam menggunakan teknologi common rail dan aftersales Isuzu selama lebih dari 10 tahun itu membuat Isuzu dapat melakukan transisi dengan mulus. (ndi)