Menpora Sambut Keinginan Indonesia Jadi Tuan Rumah SOWSG 2031

  • Bagikan
Menpora Sambut Keinginan Indonesia Jadi Tuan Rumah SOWSG 2031
Menpora Zainudin Amali. //NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan pihaknya menyambut baik keinginan Special Olympics Indonesia (SOIna) agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2031.

“Kami baru bicarakan itu dengan Ketua Umum SOIna. Kita menyambut baik keinginan untuk bidding sebagai tuan rumah, siapa tahu 2031 kita bisa terpilih (sebagai tuan rumah SOWSG). Jika memang baik, kita akan laporkan kepada presiden,” kata Menpora, sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (25/1/2023) malam.

Lebih lanjut, Zainudin menilai hal tersebut senada dengan keinginan Presiden Joko Widodo agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

“Jika berhasil, mudah-mudahan apa yang menjadi arahan presiden sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 (bisa tercapai),” kata dia.

“Kalau sukses (terpilih sebagai tuan rumah SOWSG 2031), maka Indonesia akan memiliki poin besar untuk ditunjuk sebagai tuan rumah (Olimpiade 2036). Semoga keinginan kita bisa terwujud, dan olahraga kita semakin jaya,” imbuhnya.

Optimisme Menpora pun bukan tanpa alasan. Beberapa tahun belakangan, Indonesia menjadi tuan rumah banyak acara bergengsi — baik secara nasional maupun internasional.

Pada 2018, Indonesia dengan gemilang mewadahi pesta olahraga se-Asia, Asian Games, di Jakarta dan Palembang.

Sementara, untuk tahun ini, ada F1 Powerboat atau FI H20 World Series akan digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, pada akhir Februari.

Selain itu, Indonesia juga akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 yang diikuti oleh 8 negara. Tak berhenti di situ, ada juga Piala Dunia FIFA U20 yang akan digelar di Tanah Air pada 20 Mei 2023.

Ajang lainnya adalah ANOC World Beach Games yang akan digelar di Bali pada bulan Agustus mendatang.

Menpora pun memastikan Indonesia siap menjadi tempat terselenggaranya acara-acara olahraga berskala internasional tersebut.

“Sudah kami persiapkan dengan baik. Mulai dari FIFA (World Cup U-20), FIBA (World Cup), ANOC World Beach Games, hingga PON,” tegasnya. (ndi)

  • Bagikan