MOTOGP 2023 – Tingkatkan Kemananan Pebalap, Sirkuit Jerez Diperbaiki

  • Bagikan
MOTOGP 2023 - Tingkatkan Kemananan Pebalap, Sirkuit Jerez Diperbaiki
Sirkuit Jerez. //NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sirkuit Jerez di Spanyol tengah diperbaiki jelang penyelenggaraan Grand Prix MotoGP 2023 pada April mendatang.

Dikutip dari laman Speedweek dan Motorcyclesports, Senin (30/1/2023), perbaikan Circuito de Jerez – Angel Nieto, yang akan menjadi tuan rumah GP Spanyol itu dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan para pembalap yang akan melintasi sirkuit tersebut.

Pihak manajemen Sirkuit Jerez menilai bahwa hal itu dilakukan seiring dengan peningkatan teknologi dan sepeda motor yang memungkinkan untuk melaju dengan cepat. Sehingga, penyesuaian pun harus dilakukan oleh pihak sirkuit agar kompetisi dapat berjalan dengan aman bagi pembalap, tim, dan penonton.

Adapun perubahan di sirkuit tahun ini meliputi penyesuaian di tikungan 6 dan 10 yang masing-masing akan memiliki tambahan area run-off sebesar 40 meter dan 20 meter.

Di sisi lain, pada tikungan 1 dan 5, trek servis harus dipindahkan dan dinding serta sebagian tribun dibongkar. Laporan tersebut mengatakan hal ini juga untuk memperluas zona aman sejauh 40 meter di tikungan 1 dan 25 meter ke belokan 5.

Renovasi sirkuit ini ditargetkan selesai sebelum bulan April nanti. Meski ada agenda tes tim MotoGP dan World Superbike (WSBK) pada pekan ini, pihak sirkuit memastikan perbaikan tersebut tidak akan mengganggu agenda tersebut.

Sementara itu, Sirkuit Jerez juga mengumumkan bahwa anggaran perbaikan dari lintasan MotoGP sepanjang 4.423 km itu senilai sekira 4 juta euro. (ndi)

  • Bagikan