Tujuh Kabupaten di Kaltim Berpotensi Hujan Petir pada Minggu hingga Senin

  • Bagikan
Hujan Lebat, Petir
Ilustrasi/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sebanyak tujuh kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada Minggu dan Senin (22-23/1), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

“Dampak dari peristiwa tersebut antara lain berupa banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin dan tanah longsor,” ujar prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni, di Balikpapan, Sabtu (21/1/2023).

Informasi prakiraan cuaca ini telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sedangkan tujuh kabupaten yang berpotensi mengalami peristiwa tersebut adalah Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Paser, Penajam Paser Utara, Berau dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Rinciannya adalah di Kutai Barat pada Minggu sekitar pukul 20.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Sendawar, Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat dan Tering.

Pada Senin dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Damai, Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Nyuatan, Sekolaq Darat, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan hingga hujan sedang.

Di Kabupaten Berau hujan petir berpotensi terjadi pada Minggu sekitar pukul 11.00, 17.00, dan 20.00 Wita di Kecamatan Kelay, Tabalar, Biatan, Segah dan Kecamatan Talisayan.

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Minggu sekitar pukul 11.00 dan 14.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi pada enam kecamatan, yakni Kecamatan Muara Badak, Muara Jawa, Anggana, Kenohan, Loa Janan, Marang Kayu dan Samboja.

Kemudian sekitar pukul 20.00 Wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Kenohan, sementara pada Senin sekitar pukul 05.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Kembang Janggut, sedangkan sejumlah kecamatan lainnya hujan ringan hingga hujan sedang.

Kabupaten Kutai Timur pada Minggu sekitar pukul 17.00 dan 14.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Kaliorang, Muara Wahau, Busang, Kaubun, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, dan pada Senin sekitar pukul 05.00 wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Muara Ancalong.

Kabupaten Mahakam Ulu pada Minggu pukul 20.00 Wita dan Senin dini hari, hujan petir berpotensi di Kecamatan Long Apari, Laham, Long Hubung, dan Long Pahangai.

Hujan petir di Kabupaten Paser diprakirakan terjadi pada Minggu sekitar pukul 11.00 di Kecamatan Long Kali, pukul 17.00 di Kecamatan Tanah Grogot, Batu Engau, Kuaro, Pasir Belengkong, pukul 23.00 di Kecamatan Muara Komam, dan Senin dini hari di Kecamatan Muara Samu.

“Di Kabupaten Penajam Paser Utara sekitar pukul 11.00 dan 14.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Penajam, Babulu, dan Kecamatan Waru,” kata Ilham. (ndi)

  • Bagikan