BMKG: Waspadai Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Sulut

  • Bagikan
BMKG: Waspadai Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Sulut
ilustrasi/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar mewaspadai gelombang tinggi hingga empat meter yang berpeluang terjadi di perairan Sulawesi Utara (Sulut).

“BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 4 Februari mendatang,” kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung Ricky Daniel Aror di Manado, Kamis (2/2/2023).

Dia menyebutkan, pada umumnya arah angin bertiup dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan enam hingga 25 knot.

Tinggi gelombang antara 1,25 hingga 2,5 meter (sedang), kata dia, berpotensi terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Bitung-Likupang, sebelah utara perairan selatan Sulut, dan Laut Maluku bagian selatan.

Sementara gelombang setinggi 2,5 hingga empat meter diperkirakan terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), dan Laut Maluku bagian utara.

Dia mengimbau warga agar berhati-hati ketika melakukan aktivitas di wilayah perairan yang masuk peringatan dini gelombang dengan kategori sedang hingga tinggi.

“Mari tetap waspada dan berhati-hati, memperhatikan tinggi gelombang ketika melaut, tetaplah mengedepankan keselamatan,” katanya.

BMKG Stasiun Maritim Bitung akan terus melakukan update informasi ketinggian gelombang di setiap wilayah perairan yang bisa diakses masyarakat maupun pemangku kepentingan melalui kanal informasi yang disediakan. (ndi)

  • Bagikan