Catatan IDAI Januari 2023: 1.645 Anak Indonesia Terkena Diabetes, Jakarta dan Surabaya Sumbang Terbanyak

  • Bagikan
Bayi dan Anak di Indonesia, Penyandang Diabetes
Ilustrasi/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Diabetes bukan hanya dialami orang dewasa. Anak-anak juga banyak yang terkena diabetes, terutama di Indonesia.

Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi Ikatan Dokter Anak Indonesia, Muhammad Faizi mengatakan tercatat ada 1.645 anak mengalami diabetes. Angka tersebut adalah data kumulasi hingga 31 Januari 2023.

“Per tadi malam, data anak diabetes sudah mencapai 1.645 orang. Data sebenarnya bisa lebih dari angka tersebut karena ini hanya laporan dari 15 kota,” kata Faizi dalam konferensi pers IDAI, Rabu (1/2/2023).

Dari data tersebut, sebanyak 46,23 persen berada di usia 10 sampai 14 tahun dan 31,05 persen lainnya didominasi oleh usia 5 sampai 9 tahun. Pasien diabetes anak juga didominasi oleh anak perempuan.

“Kebanyakan perempuan, tapi selisihnya memang tidak terlalu besar,” kata Faizi.

Dia juga menyebut, kebanyakan pasien diabetes anak berasal dari kota besar. Yakni Jakarta dan Surabaya.

Dia menyebut, diabetes memang semakin meningkat sejak Covid-19 terjadi pada 2020 lalu. Anak-anak yang kurang beraktivitas di luar membuat mereka kurang bergerak dan lebih banyak menonton televisi atau bermain gadget.

Selain itu, pola makan anak juga semakin tidak teratur. Tentunya, para orang tua harus lebih memperhatikan asupan makanan anak, agar lebih seimbang.

“Bukan dipantang, makanan itu apapun tidak apa-apa yang penting harus balance. Teratur dan jangan berlebihan,” kata dia. (ndi)

  • Bagikan