Megawati Minta Wartawan Tegakkan Kode Etik di Tahun Politik

  • Bagikan
Megawati
Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri /NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri meminta wartawan untuk menegakkan Kode Etik Jurnalistik pada tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Ini tahun politik. Jangan seenak-enaknya. Itu ada Kode Etik Jurnalistik,” ucap Megawati ketika menyampaikan pidato kunci dalam acara bertajuk “Kick Off Meeting Pancasila Dalam Tindakan” di Jakarta, Kamis (16/2).

Megawati meminta para wartawan untuk lebih memperhatikan aturan-aturan yang berlaku dan tidak langsung menjelekkan seseorang melalui pemberitaan.

“Saya gak terima kalau seseorang langsung saja dijelekkan, kan sekarang modelnya gitu,” ucapnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Megawati usai menjelaskan bahwa dirinya menghadiri acara “Kick Off Meeting Pancasila Dalam Tindakan” atas izin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dalam acara ini, Megawati membahas berbagai isu, seperti stunting, kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan seksual pada anak dan perempuan, serta mengantisipasi bencana.

Megawati menjelaskan ketika dirinya meminta izin kepada Jokowi untuk menghadiri program ini, ia menyampaikan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tidak akan kuat menangani persoalan stunting sendiri dan membutuhkan keterlibatan banyak pihak.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Megawati, Presiden Jokowi mempersilakan Megawati untuk menghadiri acara “Kick Off Meeting Pancasila Dalam Tindakan”.

“Gitu, lho, saya ngomong sama presiden. Jadi, jangan ada nanti Ibu Mega mau sok-sokan sendiri, nyelonong-nyelonong sendiri. No, saya tahu peraturan republik ini, saya tahu sejarah republik ini,” ucap Megawati.[prs]

  • Bagikan