Tinjau Langsung Banjir Solo, Ketua BNPB: Untuk Percepat Penanganan

  • Bagikan
Solo
Banjir Solo/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto segera berangkat pada Sabtu untuk meninjau langsung kondisi terkini dari korban terdampak bencana banjir di Surakarta, Jawa Tengah.

“Sebagai bentuk dukungan percepatan penanganan banjir di Kota Surakarta, beliau dijadwalkan akan mengajak seluruh unsur Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk melaksanakan rapat koordinasi percepatan penanganan banjir yang telah berdampak di empat kecamatan,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (18/2).

Abdul menuturkan bahwa banjir masih terjadi di Kota Surakarta hingga saat ini. Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mencatat sebanyak 21.864 jiwa telah terdampak.

Sebanyak 4.440 warga harus mengungsi di 12 titik yang tersebar di Joyotakan, Gendekan, Semanggi, Pucang Sawit, Kedunglumbu, Sudiro Prajan dan Pasar Kliwon.

“Data yang dirilis pagi ini sekaligus mengoreksi dari data sebelumnya yang menyebut sebanyak 7.885 jiwa telah mengungsi,” ujarnya.

Lewat kunjungannya tersebut, Kepala BNPB yang didampingi oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan akan menyerahkan dukungan berupa logistik dan peralatan senilai Rp1,1 miliar.

Dengan rincian pengadaan bantuan logistik itu berupa 2.500 lembar selimut, 2.500 lembar matras, dan 1.000 paket logistik lainnya.[prs]

  • Bagikan