Bahas Penanganan Kasus Rafael Alun, Sri Mulyani Bertemu Influencer

Realitarakyat.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bertemu dengan para pegiat media sosial atau influencer hingga pegiat seni kemarin. Pertemuan itu salah satunya membicarakan perihal penanganan kasus mantan pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu, Rafael Alun Trisambodo (RAT).

“Pertemuan dimaksudkan untuk mendapatkan masukan, pandangan, aspirasi, dan kritik dari publik. Ini satu rangkaian dengan pertemuan dengan para tokoh antikorupsi sebelumnya. Semalam banyak masukan diberikan, terutama perbaikan pemungutan pajak, pentingnya sosialisasi yang baik, pelibatan masyarakat dalam edukasi, dan perlunya perubahan cara berkomunikasi dengan publik. Termasuk penanganan kasus RAT dan lain-lain yang diharapkan transparan,” kata Juru Bicara Kemenkeu, Yustinus Prastowo, kepada wartawan, Sabtu (18/3/2023).

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani juga disebutnya menyampaikan komitmen Kemenkeu untuk melakukan bersih-bersih dan perbaikan. Kemenkeu pun memohon dukungan seluruh masyarakat agar dapat terus menjalankan tugas dan fungsi dengan baik.

“Ibu Menkeu juga menjelaskan komitmen Kemenkeu untuk melakukan bersih-bersih dan perbaikan. Baik dari sisi regulasi maupun penegakan integritas. Kemenkeu mohon dukungan seluruh masyarakat agar dapat terus menjalankan tugas dan fungsi dengan baik,” ujarnya.

Sri Mulyani, lanjut Yustinus, juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas masukan-masukan yang diberikan. Selain itu, Sri Mulyani juga disebutnya menyampaikan perihal kebijakan baru terkait penurunan tarif pemotongan pajak penghasilan (PPh).

“Ibu Menkeu juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tulus untuk masukan-masukan ini. Sekaligus disampaikan adanya kebijakan baru penurunan tarif pemotongan PPh Pasal 23 atas royalti penulis/pekerja seni dari 15 persen menjadi 6 persen. Juga relaksasi ketentuan exim dan kepabeanan terhadap barang pameran yang kerap dikeluhkan para pelaku usaha. Perbaikan-perbaikan akan terus dilakukan berdasarkan masukan publik,” papar Yustinus.

“Kemenkeu akan terus melakukan silaturahim untuk mendengarkan masukan dari publik. Direncanakan akan mendengarkan aspirasi para pelaku usaha, bertemu pemred, dan lain-lain,” lanjutnya.

Yustinus melanjutkan, pertemuan Sri Mulyani dengan para influencer dan pegiat seni itu berlangsung santai, hangat, dan akrab. Pertemuan di kantor Kementerian Keuangan itu digelar dari pukul 19.30 sampai 23.00 WIB.

Dalam pertemuan itu, Sri Mulyani didampingi Dirjen Pajak, Sekjen Kemenkeu, Dirjen Kekayaan Negara, Kepala BKF, Stafsus Komstra, Direktur Fasilitas Kepabeanan, dan Direktur Teknis Kepabeanan. Pertemuan berlangsung di kantor Kementerian Keuangan.

Simak juga ‘Kok Bisa! Uang Stunting Dipakai Buat Perbaiki Pagar Puskesmas’:

“Yang hadir antara lain Rudi Valinka (@kurawa), Dee Lestari, Bintang Emon, Babe Cabita, Marcel Siahaan, Chandra Darusman, Felicia Tjiasaka, Richard Sam Bera, dr Tirta, Guntur Romli, dan Mazzini,” ujar Yustinus. (ndi)