BMKG Sebut Tujuh Daerah di Kaltim Diprediksi Hujan Petir pada Sabtu dan Minggu

  • Bagikan
Hujan Lebat, Petir
Ilustrasi/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Tujuh daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan petir yang dapat disertai angin kencang pada Sabtu-Minggu (18-19/3), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

“Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan sejumlah dampak lainnya,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Jumat (17/3/2023).

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Tujuh daerah yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut adalah Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser.

Rinciannya adalah di Kota Balikpapan pada Sabtu sekitar pukul 17.00 Wita dan Minggu sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi hanya di Kecamatan Balikpapan Kota.

Hujan petir di Kabupaten Kutai Barat diprakirakan terjadi pada Sabtu sekitar pukul 20.00 Wita dan 23.00 Wita hanya terjadi di Kecamatan Penyinggahan, sedangkan sejumlah kecamatan lainnya hanya hujan ringan pada waktu berbeda.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara, pada Sabtu pukul 20.00 Wita dan 23.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi pada enam kecamatan, yakni Muara Muntai, Sebulu, Tabang, Kota Bangun, Muara Kaman, dan Muara Wis.

Di Kabupaten Kutai Timur, pada waktu yang sama diprakirakan terjadi hujan petir pada enam kecamatan, yakni Kaliorang, Bengalon, Kaubun, Rantau Pulung, Sangatta Utara, dan Sangatta Selatan.

Hujan petir di Kabupaten Mahakam Ulu terjadi pada Sabtu pukul 20.00 Wita hanya di Kecamatan Laham, kemudian di Kabupaten Paser pada Sabtu pukul 14.00 Wita dan 17.00 Wita terjadi di dua kecamatan, yakni Batu Sopang dan Muara Samu, dan pada Minggu dini hari di Batu Sopang dan Muara Komam.

“Di Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Sabtu sekitar pukul 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi hanya di Kecamatan Penajam, sedangkan kecamatan lainnya hanya hujan ringan,” kata Ilham. (ndi)

  • Bagikan