Datang ke Cianjur, Puan Dorong Percepatan Relokasi Rumah Korban Gempa

  • Bagikan
Datang ke Cianjur, Puan Dorong Percepatan Relokasi Rumah Korban Gempa
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri acara penyerahan secara simbolis rumah hunian bagi korban gempa Cianjur. Puan pun mendorong agar seluruh korban gempa segera mendapat bantuan hunian sebelum Idul Fitri.

Acara penyerahan rumah hunian tetap bagi korban gempa Cianjur hari ini, Rabu (1/3/2022), dilakukan di Kampung Pasir Sembung, Desa Sukanagalih, Kecamatan Cilaku.

Puan hadir bersama Bupati Cianjur Herman Suherman, Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan, perwakilan Kementerian Sosial dan Kementerian PUPR, serta jajaran Forkopimda Cianjur.

Untuk program kali ini, ada 500 penerima bantuan hunian di mana 200 di antaranya merupakan penerima kunci rumah siap huni. Puan juga sekaligus memberikan 500 bantuan makanan dan paket sembako kepada masyarakat terdampak gempa Cianjur.

Secara simbolis, Puan menyerahkan kunci rumah bantuan hunian tetap (huntap) kepada warga bernama Ujang Mahmudin yang mendapat hunian di Blok A No 12. Ia pun masuk ke bagian dalam rumah untuk mengecek tempat tidur, dapur, hingga kran air.

“Ini rumah buat bapak. Rumah sendiri, jadi nanti kalau Pak Ujang ‘diusir’ setelah saya pergi, bilang sama saya. Tapi ingat, rumah ini tidak bisa diperjualbelikan,” kata Puan ke Ujang.

Kepada Puan, Ujang yang tinggal bersama istri dan anaknya mengaku bersyukur mendapat bantuan hunian tetap.

“Alhamdulillah, akhirnya bisa ada rumah. Jadi kami tidak lagi tidur di tenda,” ujar Ujang.

Puan lalu menyoroti pencairan bantuan rumah warga terdampak bencana gempa yang terjadi pada akhir tahun 2022 lalu. Penyaluran relokasi terhambat karena sistem administrasi dan verifikasi lapangan yang ketat mengingat daerah tersebut merupakan lokasi paling terdampak gempa.

Mantan Menko PMK itu meminta agar realisasi bantuan rumah atau hunian bagi korban gempa dapat secepat mungkin direalisasikan. Apalagi, kata Puan, saat ini musim hujan.

“Hunian tetap agar segera bisa dihuni oleh warga setelah penyerahan kunci, karena musim hujan,” tuturnya.

Puan siap memperjuangkan agar masyarakat terdampak gempa yang rumahnya rusak dan kini tinggal ditenda bisa segera mendapat bantuan hunian sebelum Idul Fitri.

“Saya akan doromg agar sebelum lebaran para korban sudah tinggal di rumah, minimal hunian sementara, bukan di tenda,” ungkap Puan.

“Saya akan dorong agar para korban gempa bisa Lebaran di rumah, bukan di tenda,” imbuh cucu Bung Karno tersebut.

Sementara itu Bupati Herman Suherman berterima kasih atas dukungan DPR RI untuk para korban gempa Cianjur.

“Saya atas nama masyarakat Cianjur mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan Ibu Puan,” ucap Bupati Cianjur Herman Suherman.[prs]

  • Bagikan