DPR Minta Mendagri Tito Turun Tangan Tindak Pejabat Daerah yang Keluarganya Pamer Kemewahan

  • Bagikan
tito
Mendagri Tito Karnavian. //Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian turun tangan menindak keluarga pejabat daerah yang pamer kemewahan.

Salah satunya, istri dan anak dari Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau SF Hariyanto.

“Sungguh amat disayangkan tindakan dari istri Sekda Riau itu. Sikap hedon yang diperlihatkan di media sosial oleh keluarga pejabat dinilai sebagai tindakan yang tidak wajar dan melukai hati masyarakat,” kata Guspardi kepada wartawan, Jakarta, Kamis (23/3).

Menurut Guspardi, sebagai pembina aparatur sipil negara (ASN) Mendagri harus segera mengambil tindakan.

Tidak hanya sekadar menegur, tetapi harus diproses dengan menyelidiki dan menelusuri sumber kekayaan dari yang bersangkutan.

“Hal itu bisa dilakukan dengan bekerja sama KPK dan aparat penegak hukum (APH) lainnya,” ujarnya.

Politikus PAN ini mengingatkan kepada seluruh pejabat dan ASN agar tidak hidup hedon. Apalagi, pamer harta di media sosial.

Guspardi mengatakan ASN harus menerapkan hidup sederhana. Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak memamerkan harta.

“Saya merasa prihatin. Kondisi tentang adanya pamer kekayaan para pejabat. Harusnya hal itu sesuatu yang mestinya dihindari oleh mereka,” kata dia.

“Sikap-sikap hedonis apalagi flexing yang dipamerkan di media sosial adalah sesuatu yang harus dihidari. Mestinya mereka punya rasa empati kepada masyarakat miskin,” timpal Guspardi.

Legislator dapil Sumatra Barat (Sumbar) 2 ini menyebut gaya hidup hedon akan melukai perasaan masyarakat. Pejabat harus menjadi pemimpin yang jadi panutan masyarakat.

“Pemimpin dengan gaya hidup sederhana namun kaya dengan gagasan dan menginspirasi serta tidak bersandar pada kehidupan yang menonjolkan unsur materialistis,” tegas dia.

Sebelumnya, Adrias yang merupakan istri Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto menjadi sorotan karena memamerkan harta dan gaya hidup mewah di media sosial.

Anto sapaan akrab Hariyanto berdalih barang-barang itu palsu alias KW. Padahal, Anto telah memperingatkan kepada seluruh pejabat Riau agar tidak hidup mewah termasuk keluarga sendiri.[prs]

  • Bagikan