DPR Tegaskan Pemeriksaan Puluhan Pejabat Kemenkeu Demi Mengembalikan Kepercayaan Publik

  • Bagikan
dpr
Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Taufik Basari //Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari menilai pemeriksaan 69 pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai upaya mengembalikan kepercayaan publik terhadap penyelenggara negara.

Langkah Komisi Antirasuah untuk memastikan lembaga negara harus bersih dari dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Ini juga bagian dari upaya kita untuk pastikan kepercayaan publik itu tetap bisa ditumbuhkan dalam proses penyelenggaraan negara,” kata Taufik kepada wartawan, Jakarta, Kamis (9/3).

Dia menekankan laporan terkait dugaan TPPU harus ditindaklanjuti secara serius. Apalagi, laporan dugaan TPPU itu menyasar penyelenggaraan keuangan negara.

Politikus Partai NasDem itu juga menyebut pemeriksaan penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Terpenting, mengedepankan akuntabilitas dan integritas.

Kendati begitu, Taufik belum mau menanggapi soal hukuman memiskinkan harta terduga pelaku TPPU di Kemenkeu tersebut. Alasannya, terkait hukuman baru bisa dilakukan jika KPK menemukan dua alat bukti yang cukup.

“Kalau nanti sudah masuk proses hukum, baru kita bisa bicara soal perlu atau tidaknya dimiskinkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengungkap adanyabtemuan transaksi mencurigakan di lingkungan Kemenkeu senilai Rp300 triliun.

“Saya sudah dapat laporan terbaru tadi pagi, malah ada pergerakan mencurigakan senilai Rp300 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan yang sebagian besar ada di Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai,” kata Mahfud.[prs]

  • Bagikan