Kasus COVID-19 Melonjak di Iran, Dilaporkan 15 Kematian dalam Sehari

  • Bagikan
Kasus COVID-19 Melonjak di Iran, Dilaporkan 15 Kematian dalam Sehari
/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kementerian Kesehatan Iran mengatakan pada Sabtu bahwa jumlah korban meninggal akibat virus corona bertambah 15 orang dalam waktu 24 jam dan 569 orang terpapar virus tersebut di tengah lonjakan kasus infeksi baru COVID-19.

Buletin harian dari kementerian itu mengatakan angka kematian telah menyentuh angka 144.956 sementara jumlah pasien terinfeksi meningkat menjadi 7.573.328.

Sebanyak 407 orang yang terinfeksi virus tersebut berada dalam keadaan kritis dan dimasukkan ke unit perawatan intensif di beberapa rumah sakit di seluruh Iran, menurut keterangan buletin itu.

Pada peta COVID-19 berkode warna, empat kota saat ini dikategorikan merah, 23 jingga atau risiko sedang, 187 kuning atau risiko rendah, dan 235 biru alias normal.

Iran menjadi negara pertama di Timur Tengah yang melaporkan virus corona jenis baru pada Februari 2020 setelah mencatat dua kematian di Kota Qom, dan kemudian Teheran.

Iran, negara paling parah dilanda COVID di kawasan itu, mengalami setidaknya tujuh gelombang virus, sebagian besar disebabkan oleh varian sangat menular seperti Delta dan Omicron, sebelum kemudian mereda.

Situasi itu diperumit oleh lambatnya vaksinasi, yang mendapat momentum setelah pemerintah baru mengambil alih kendali Teheran pada akhir 2021.

Pada Juni tahun lalu, setelah lebih dari dua tahun, Iran melaporkan nol kematian akibat virus corona. Saat itu jumlah kematian akibat COVID mencapai 141.318 jiwa.

Menteri Kesehatan Bahram Einollah waktu itu mengingatkan bahwa mematuhi protokol kesehatan harus dilanjutkan hingga infeksi tidak terjadi lagi.

Lonjakan kasus secara mendadak dalam beberapa minggu belakangan memicu kekhawatiran akan gelombang baru di negara itu saat rumah-rumah sakit di sejumlah kota besar, termasuk Teheran, melaporkan sejumlah besar pasien.

Meskipun sebagian besar dari 80 juta penduduk Iran telah mendapatkan dua dosis vaksin, pemerintah mendesak mereka untuk segera mendapatkan suntikan dosis penguat. (ant/ndi)

  • Bagikan