SEPAK BOLA PANTAI — Takluk 0-7 dari Jepang di Piala Asia, Indonesia di Posisi Buncit Grup C

  • Bagikan
SEPAK BOLA PANTAI -- Takluk 0-7 dari Jepang di Piala Asia, Indonesia di Posisi Buncit Grup C
/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Tim nasional Indonesia takluk 0-7 dari juara bertahan Jepang pada pertandingan pembukaan Grup C Piala Asia Sepak bola Pantai 2023, yang dimainkan di Jomtien beach arena, Pattaya, Thailand, Jumat (17/3/2023).

Dengan hasil tersebut, maka tim Indonesia menduduki posisi keempat atau terakhir di Grup C dengan nol poin. Sedangkan Jepang dan China menduduki dua posisi teratas dengan koleksi tiga poin, dan Lebanon berada di posisi ketiga dengan nol poin, demikian dikutip dari laman resmi AFC.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, China mendulang kemenangan 4-1 atas Lebanon.

Pertarungan antara Indonesia melawan Jepang berlangsung kurang seimbang sejak awal. Jepang mendominasi permainan bahkan memiliki dua tembakan yang membentur tiang gawang, meskipun demikian Garuda Pantai sempat beberapa kali mengancam gawang Jepang.

Jepang kemudian mampu memecah kebuntuan pada menit ke-11 babak pertama. Sepakan akrobatik Takuya Akaguma bersarang ke sudut kiri gawang Indonesia yang dikawal kiper Casala Pratama. Memasuki menit kedua, Jepang menggandakan keunggulan melalui sepakan Takahito Yamada yang berada dalam posisi tidak terkawal. Keunggulan 2-0 untuk Jepang bertahan sampai babak pertama usai.

Pada babak kedua, kendali permainan masih dipegang oleh Jepang. Namun anak-anak asuh pelatih Ida Nyoman Mahayasa masih mampu mempertahankan gawangnya untuk tidak kemasukan lebih banyak lagi, termasuk dari sepakan kiper Jepang Kawai yang masih membentur mistar gawang.

Jepang akhirnya mendapatkan gol ketiganya pada menit ketujuh babak kedua. Akaguma kembali melakukan sepakan salto yang meluncur deras ke gawang Indonesia meski bola sempat memantul ke tanah terlebih dahulu.

Menjelang babak kedua berakhir, yakni pada menit keempat, sepakan lambung jarak jauh Ozu Moreira gagal diantisipasi kiper Indonesia Casala untuk mengarah ke sudut atas gawangnya. Setelah itu dari satu skema serangan balik cepat, Jepang kembali memperbesar keunggulan pada menit kedua, lewat sepakan Yamada.

Indonesia yang tertinggal lima gol semakin kesulitan pada babak ketiga. Jepang pun menambah keunggulan melalui sepakan Shusei Yamauchi yang sempat mengenai tiang untuk kemudian disambar lagi olehnya pada menit kesembilan, dan gol penutup dari Ozu Moreira pada menit kedelapan.

Garuda Pantai selanjutnya akan bertemu dengan Lebanon pada pertandingan kedua yang berlangsung Minggu (19/3/2023). (ndi)

  • Bagikan