Soroti Perizinan RKAB, DPR Tuding Plh Dirjen Minerba Tebang Pilih

  • Bagikan
Soroti Perizinan RKAB, DPR Tuding Plh Dirjen Minerba Tebang Pilih
Rapat Komisi VII DPR dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Plh Dirjen Minerba Shite/Ist
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kinerja pelaksana harian (Plh) Dirjen Minerba Kementerian ESDM, M Idris F Sihite jadi sorotan Komisi VII DPR.

Kalangan dewan menuding Idris tebang pilih dalam meneken rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB). Malahan memberikan RKAB kepada perusahaan yang tidak memenuhi domestic market obligation (DMO).

Anggota Komisi VII DPR, Abdul Kadir Karding, mempertanyakan mengapa RKAB bukan diteken oleh pejabat definitif, dan terkesan tebang pilih.

“Beberapa kasus perusahaan yang tidak taat DMO dikasih izin, yang lain tidak,” kata Karding, dalam rapat kerja antara Komisi VII DPR dengan Kementerian ESDM, Senin (20/3).

Dia mengaku memiliki banyak data terkait sengkarut izin RKAB ini. Bahkan dia menilai Ombudsman RI juga telah menerima banyak laporan terkait ini. Artinya, bukan tidak mungkin Kementerian ESDM melakukan maladministrasi lantaran Plh Dirjen meneken izin RKAB.

“Laporan ke Ombudsman banyak soal RKAB ini,” kata politikus PKB.

Menurutnya, Plh Dirjen Minerba telah mempertontonkan tindakan yang tak patut berkaitan dengan hal ini. Dia meminta Menteri ESDM Arifin Tasrif memperhatikan persoalan tersebut.

“Saya banyak datanya pak, kalau perlu datanya nanti saya sampaikan,” kata Karding.[prs]

  • Bagikan