Xavi Vierge Semakin Percaya Diri untuk Mengarungi WSBM Bersama Honda

Andrea Locatelli, Bassani, Xavi Vierge

Realitarakyat.com – Pebalap HRC Xavi Vierge mengatakan semakin percaya diri dengan Honda untuk mengarungi World Superbike (WSBK) musim 2023 menyusul capaian positifnya di tes di MotorLand Aragon.

Dikutip dari keterangan resmi, Vierge secara konsisten menjadi satu dari tiga pebalap tercepat dalam tes tersebut, menyusul capaian podiumnya di WSBK Mandalika, awal Maret lalu.

“Jujur, saya sangat senang. Honda bekerja sangat keras pada detail kecil, yang mana pada level ini, detail kecil ini dapat membuat perbedaan besar. Kami membuat langkah maju. Kecepatan kami sepanjang hari sangat kuat,” kata Vierge, Jumat (24/3).

Lebih lanjut, pebalap Spanyol itu mengatakan, tim telah memberikan sejumlah pengaturan dan pembaruan secara teknis pada motor yang ia kendarai. Hal tersebut yang membuatnya semakin mantap untuk mendapatkan hasil positif di setiap balapan yang ia lakoni.

“Pada dasarnya, kami memulai dengan pengaturan dasar dan motor yang kami kenal. Kami mencoba knalpot baru dan tentu saja ada beberapa hal positif. Namun, seperti biasa, kami mencoba banyak hal dan penting untuk menganalisis semua data untuk mendapatkan pemahaman yang jelas untuk hari selanjutnya,” ujarnya.

Pengujian selama dua hari di Aragon, lanjut dia, dinilai penting untuk mengevaluasi kekurangan serta strategi tepat untuk motor dan pebalap, sebelum memulai WSBK putaran ketiga di Belanda, bulan depan.

“Dalam Kejuaraan Dunia (WSBK), dengan banyak trek berbeda, banyak kondisi cuaca berbeda, sulit untuk selalu menemukan pengaturan yang sempurna. Jadi jika kami dapat menemukan basis standar yang bekerja kurang lebih dalam kondisi apa pun, itu akan banyak membantu kami,” kata Vierge.

Sementara itu, WSBK putaran ketiga akan berlangsung di Sirkuit TT Assen Belanda, pada 21 hingga 23 April.