Arus Balik Lebaran, Polres Surakarta Kerahkan Unit K9 Sisir Stasiun Balapan Solo

  • Bagikan
Stasiun Balapan Solo, Lokomotif KA Airlangga
Ilustrasi porter di stasiun kereta /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Polres Kota Surakarta mengerahkan Unit Satwa atau Unit K9 Satuan Samapta melakukan penyisiran di luar kereta api (KA) di Stasiun Balapan Solo, dalam pengamanan pada masa angkutan arus balik libur Lebaran 2023.

“Unit Satwa Satuan Samapta melakukan penyisiran di luar kereta api yang sedang berhenti di Stasiun Solo Balapan guna mengantisipasi kemungkinan adanya barang-barang terlarang yang dibawa oleh penumpang,” kata Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol, Iwan Saktiadi, di Solo, Kamis (27/4).

Bahkan, arus balik melalui Stasiun Solo Balapan mulai mengalami peningkatan, sejak Selasa (25/4) hingga Kamis ini, sehingga pengamanan selain personel yang berpatroli di kawasan stasiun, juga menurun Unit Satwa agar tetap terjaga kondusif.

Dia mengatakan pengerahan Unit Satwa atau K9 dari Polresta Surakarta tersebut guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sampai masuk ke stasiun. Misalkan barang terlarang yang dibawa oleh penumpang saat akan masuk stasiun hingga kereta api.

Selain itu, Polres Kota Surakarta juga telah berkoordinasi dengan pihak PT. Kereta Api setempat untuk lebih meningkatkan patroli rutin oleh petugas Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska).

Menurut dia, personel keamanan tersebut melakukan pengamanan di area stasiun dan patroli objek-objek penting lainnya pada masa angkutan arus balik libur Lebaran 2023 ini. Namun, polisi hingga saat ini, belum menemukan barang-barang terlarang atau yang mencurigakan dibawa oleh penumpang.

Kendati demikian, masyarakat pengguna KA diimbau untuk tidak membawa barang-barang terlarang, karena apabila diketemukan akan langsung dibawa ke Mako Polresta Surakarta untuk di proses sesuai prosedur.

“Kami imbau masyarakat pengguna angkutan KA¬†untuk tidak membawa barang terlarang, karena akan diamankan untuk proses hukum yang berlaku,” katanya.

Sementara itu, Polresta Surakarta dalam pengamanan masa aru mudik hingga balik Lebaran 2023 di Kota Solo hingga Kamis ini, aman, nyaman dan semua berjalan lancar baik dan tidak ada kejadian tindak pidana yang menonjol termasuk kondisi lalu lintas meski ada peningkatan tetapi secara garis besar dapat diatasi dengan menurunkan petugas di lapangan.

  • Bagikan