Jasa Marga Prediksi Lonjakan 230 Ribu Kendaraan Saat Puncak Arus Balik 2023

  • Bagikan
Jasa Marga Prediksi Lonjakan 230 Ribu Kendaraan Saat Puncak Arus Balik 2023
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – PT Jasa Marga memprediksi akan terjadi lonjakan arus balik sebanyak 230 ribu kendaraan yang kembali ke Jabodetabek dari arah Trans Jawa dan Bandung.

“Jika kenaikan di puncak arus balik diasumsikan sama dengan puncak arus mudik, maka akan terjadi lonjakan arus balik sebanyak 203 ribu kendaraan yang akan kembali dari arah timur,” kata Corporate Communication & Community Development PT Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangannya Minggu (23/4).

Sebelumnya, PT Jasa Marga memprediksi jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada arus balik Lebaran 2023 akan mencapai 1,6 juta Kendaraan.

Jumlah tersebut naik 5,1 persen dari jumlah volume kendaraan pada Lebaran 2022 dan naik 67,5 persen saat lalu lintas normal.

“Jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada H+1 s.d H+7 di empat GT Barrier/Utama, akan mencapai 1,6 juta Kendaraan,” ujar Lisye.

Untuk itu, para pemudik dihimbau untuk menghindari pulang bersama di tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus balik menuju Jabodetabek, yaitu pada hari Senin hingga Selasa, 24 dan 25 April 2023.

“Kami mohon kerja sama pengguna jalan, khususnya yang melewati Jalan Tol Trans Jawa, untuk dapat mengatur waktu perjalanannya kembali ke Jabotabek. Hindari pulang bersamaan di hari Senin dan Selasa, 24 dan 25 April 2023,” ucapnya.

Lisye berharap bagi pemudik yang masih memiliki waktu libur untuk melanjutkan periode mudiknya dan menggeser perjalanan balik ke Jabodetabek pada hari Rabu-Sabtu, 26-30 April 2023.[prs]

  • Bagikan