One Way Kembali Diterapkan Malam Ini dari Timur ke Barat

Realitarakyat.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kembali menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way dari arah Timur menuju ke Barat alias Semarang-Jakarta pada Sabtu, 29 April 2023, pukul 20.35 WIB. One way akan berlangsung dari Km 414 Kalikangkung sampai dengan Km 72 Cikampek.

Rekayasa lalu lintas itu kemudian dilanjutkan contraflow mukai Km 72 sampai dengan Km 47 Tol Cikampek.

“Rekayasa ini dilakukan guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada puncak arus balik gelombang kedua,” kata Kabagops Kombes Eddy Djunaedi dalam keterangannya pada Sabtu (29/4).

Eddy menerangkan bahwa sebelumnya Korlantas Polri sudah menerapkan rekayasa lalu lintas one way pada pukul 14.30 WIB dari Km 188 Palimanan sampai dengan Km 72 Cikampek.

Perpanjangan one way dilakukan dengan diskresi kepolisian yang melihat data volume arus kendaraan pemudik yang balik dari Semarang menuju Jakarta dilaporkan terjadi kepadatan oleh anggota di lapangan, begitu juga lalu lintas yang terpantau di CCTV Command Center PJR Korlantas Polri di KM 29 dan traffic counting (VCR) perhitungan jumlah kendaraan selama tiga jam berturut-turut.

“Dalam hal terjadi perubahan arus lalu lintas secara tiba-tiba atau situasional, kepolisian dapat melaksanakan manajemen operasional berupa diskresi. Dan bila ini digunakan akan kami informasikan jika ada perubahan dalam pelaksanaan dilapangan,” pungkas Eddy

Ia pub mengimbau kepada para pemudik agar selalu mengutamakan keselamatan, menjaga kecepatan, mengisi saldo kartu pembayaran elektronik atau e-Toll, menggunakan rest area dengan bijak, serta selalu mengikuti arahan petugas di lapangan.[prs]