DPRD Surabaya Dorong Pemerintah Tingkatkan Perekonomian Pasca Lebaran 2023

  • Bagikan
Pelaku Usaha, Surabaya, e-Pekan
Pelaku UMKM di Surabaya/DOK/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur,  mendorong pemerintah kota setempat meningkatkan perekonomian, salah satunya mengoptimalkan keberadaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) pasca-Lebaran 2023.

“Situasi terakhir pasca-Lebaran menunjukkan aktivitas masyarakat yang dirasa signifikan. Ini menandakan bahwa kemampuan daya beli masyarakat berangsur-angsur pulih kembali,” kata Anggota Komisi B DPRD Surabaya John Thamrun di Surabaya, Kamis (4/5).

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mendorong Pemkot Surabaya dalam hal ini Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan melakukan berbagai upaya seperti halnya dengan bekerja sama dengan perbankan untuk permodalan, pelatihan pengemasan produk, menggelar bazar maupun kegiatan lainnya.

“Ini semua agar produk kerajinan dari pelaku UMKM mampu bersaing di pasaran,” katanya.

Tidak hanya itu, kata dia, para pelaku UMKM harus memaksimalkan platform digitalisasi di era perkembangan teknologi digital yang kian pesat. Kemudian bagaimana memaksimalkan proses transaksi digital dan pemasaran secara digital serta menggencarkan promosi.

Jhon juga menyarankan kepada pemkot untuk tidak segan-segan mencontoh daerah lain di Indonesia yang sudah berhasil menghidupkan gairah semangat berusaha di kalangan para pelaku UMKM.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Surabaya mengucurkan pinjaman modal usaha untuk pelaku UMKM sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi serta meningkatkan taraf hidup warga Kota Pahlawan.

Komitmen Pemkot Surabaya untuk meningkatkan perekonomian UMKM ini diwujudkan melalui produk Pinjaman UMKM Surabaya Pasti Tangguh (Puspita) yang dikeluarkan salah satu BUMD pemkot, yakni PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Surya Artha Utama.

Oleh sebab itu, Wali Kota Eri menyatakan, dukungannya kepada BPR Surya Artha Utama yang berinovasi menggerakkan perekonomian UMKM Surabaya. Namun demikian, ia juga menginginkan adanya pendampingan terhadap setiap pelaku UMKM tersebut.

  • Bagikan