Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Ucapara Harlah Pancasila

  • Bagikan
Pancasila
Presiden Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin saat sebelum upacara peringatan Harlah Pancasila. DOK/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (1/6), dengan mengenakan busana adat Melayu berwarna hijau tosca.

Wapres khidmat mengikuti jalannya prosesi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang dipimpin Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara.

Sebagai informasi, sesuai Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, pelaksanaan upacara dilaksanakan secara luring dan berpusat di Lapangan Monas, Jakarta.

Edaran ini juga mengatur seluruh instansi pemerintah di tingkat pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dan institusi pendidikan untuk melaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 secara luring di tempat masing-masing.

Dikutip dari surat edaran ini, Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Presiden Joko Widodo sendiri terlihat mengenakan pakaian adat Kesultanan Deli berwarna hitam dan nuansa emas dilengkapi dengan keris dan penutup kepala.

Selain Presiden dan Wapres, sejumlah pejabat yang hadir dalam upacara antara lain para menteri Kabinet Indonesia Maju, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Hadir pula Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri.

Dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, para tamu undangan yang hadir juga mengenakan pakaian adat.

  • Bagikan