Bahlil Harap Suhu Politik Jelang Pemilu Tetap Stabil untuk Jaga Investasi

  • Bagikan
Bahlil
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. //NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia berharap agar suhu politik di tahun politik bisa tetap dijaga tetap stabil agar tidak berdampak pada sikap wait and see para investor dalam menanamkan modalnya di Indonesia.

“Sebagaimana arahan Presiden Jokowi, sekalipun ini masuk dalam tahun politik, tapi kalau boleh politiknya itu nggak boleh panas, supaya kita menjaga stabilitas dan kita memperkecil wait and see dari investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia,” katanya dalam paparan realisasi investasi triwulan II 2023 di Jakarta, Jumat (21/7).

Bahlil menuturkan, hingga triwulan II 2023, realisasi investasi mencatatkan kinerja yang masih baik. Realisasi investasi sepanjang triwulan II 2023 tercatat sebesar Rp348,8 triliun, tumbuh 15 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun secara kumulatif, sepanjang Januari-Juni 2923, realisasi investasi telah mencapai Rp668,7 triliun atau 48,5 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp1.400 triliun.

“Alhamdulillah sampai sekarang walaupun sudah masuk tahun politik, suhunya tidak terlalu panas, hangat-hangat saja,” imbuhnya.

Bahlil pun mengaku optimistis target realisasi investasi tahun ini sebesar Rp1.400 triliun akan bisa tercapai. Terlebih saat ini realisasinya sudah hampir separuh target. Ia meyakini realisasi investasi akan terus meningkat hingga nanti puncaknya pada triwulan IV 2023.

“Insya Allah yang penting gejolak politiknya nggak terlalu kencang,” katanya.

Bahlil juga berharap proses-proses tahapan Pemilu yang tengah dan akan berlangsung pada tahun ini dan tahun depan bisa berjalan kondusif. Lagi-lagi, hal itu diharapkan agar tidak mempengaruhi sikap investor yang biasanya cenderung wait and see di tahun politik.

“Ya kalau ada dinamika di partai, ada proses Munas, ya harus baik-baik. Pilpres ya jangan juga terlalu banyak tegang-tegang. Kita santai saja, nikmati saja, politik itu kan seni. Nikmati saja,” tuturnya.[prs]

  • Bagikan