TMMD Ke-117 Kodim 1620/Loteng Pastikan Batas Garapan Lahan

  • Bagikan
TMMD Ke-117 Kodim 1620/Loteng Pastikan Batas Garapan Lahan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK) Kapten Inf Suliono, S.IP mengecek batas batas lahan warga yang menjadi jalur pembukaan jalan baru pada program TMMD ke-117 tahun 2023, agar tidak melebihi dari batas yang sudah di hibahkan warga.

“Pengecekan batas ini tujuannya agar lahan warga yang sudah di hibahkan untuk dijadikan jalan baru tidak keluar dari yang sudah di tentukan,” ujar Dan SSK, Rabu (19/7).

Menurutnya, pembukaan jalan baru tani pada program TNI Manunggal Membangun Desa yang di buka melewati lahan warga, merupakan lahan hibah dari warga setempat yang ikhlas merelakan sedikit lahannya untuk dijadikan jalan sebagai akses dalam beraktifitas sehari hari.

“Tentunya dengan adanya jalan baru akan sangat bermanfaat bagi warga yang menghibahkan bahkan sangat berguna bagi kemudahan warga setempat dalam beraktifitas,” kata Kapten Suliono.

Hal ini menandakan, bahwa keihklasan warga akan tanahnya bertujuan demi kemudahan warga, baik saat maupun akan beraktifitas ke sawah ladang mereka dalam mengangkut hasil panen, yang awalnya sebelum ada jalan mereka harus memikul untuk sampai ke tujuan.

“Namun demikian dengan adanya jalan baru segala aktifitas warga pun jadi mudah, bahkan ini sangat di harapkan oleh masyarakat,” terang Dan SSK.

Selain itu, lahan atau tanah yang dihibahkan pun bervariasi di setiap titik yang ada di 7 lokasi mulai dari lahan sawah, ladang serta kebun dan ada juga lahan yang memang sudah ada jalannya untuk di perlebar ukurannya.

“Karena rata rata tanah yang di hibahkan bisa dibilang bervariasi antara 1 sampai 2 meter sebagai ketentuan jalan usaha tani dengan lebar 3 sampai 4 meter tujuannya agar bisa di lalui kendaraan R4,” tandas Kapten Suliono.(LS)

  • Bagikan