Jokowi Ajak Pengusaha Ikut Turunkan Angka Stunting

Basarnas

Realitarakyat.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak kepada para pengusaha untuk ikut terlibat dalam upaya pemerintah menurunkan angka kurangnya asupan gizi pada anak atau stunting di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat memberikan sambutan pada pengukuhan Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPN Apindo) masa bakti 2023-2028 di Jakarta.

“Sore hari ini saya senang karena Apindo juga berbicara stunting, dan saya harapkan nanti Kadin, Hipmi juga ikut berbicara dalam penanganan dalam stunting,” kata Jokowi dalam sambutannya, Senin (31/7).

Jokowi menjelaskan, angka stunting di Indonesia pernah menyentuh angka tertinggi pada 2015 hingga mencapai 37 persen.

Akan tetapi, melalui upaya konsisten yang dilakukan pemerintah dalam menurunkan angka stunting, akhirnya pada 2022 turun menjadi 22 persen.

“Akhir tahun 2022 yang lalu sudah turun menjadi 22 persen. Target kita nanti di 2024 sudah menjadi 14 persen,” paparnya.

Lebih lanjut Jokowi menyebut upaya penurunan angka stunting yang dilakukan pemerintah tidak selalu berjalan mudah, apalagi saat melihat langsung kondisi di lapangan.

Namun, mantan Walikota Solo itu yakin meski mengalami kesulitan dan kendala, target yang dicanangkan dalam upaya mengurangi angka stunting dapat tercapai apabila ada partisipasi dari para pengusaha.

“Tadi disebut ada seribu pengusaha, misalnya satu Pengusaha jadi anak angkat dari 2000 balita kita. Yang gede-gede hanya ngurus 2.000 kecil banget,” ujar Jokowi.

“Karena problem besar yang membebani bonus demografi kita kedepannya nanti bisa karena stunting ini,” tandasnya.[prs]