Dasco Minta Seluruh Lembaga Pemerintah Bekerja Sama Mitigasi Dampak El Nino

  • Bagikan
Dasco, Gerindra
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad. //NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan, Sufmi Dasco Ahmad, meminta seluruh lembaga pemerintah untuk bekerja sama dan berkoordinasi dalam melakukan mitigasi, agar dampak El Nino tidak membebani rakyat.

Pasalnya, fenomena El Nino yang tengah terjadi saat ini diperkirakan akan berlangsung hingga akhir tahun 2023, atau awal tahun 2024. Hal itu menyebabkan perubahan pola cuaca yang dampaknya dirasakan oleh hampir seluruh negara di dunia.

“Fenomena El Nino yang dalam beberapa bulan ini terjadi telah mengakibatkan perubahan pola cuaca global yang berdampak signifikan pada perubahan iklim di berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia,” kata Dasco, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (3/10).

Bahkan dampak dari El Nino saat ini juga sudah dirasakan di beberapa tempat di Indonesia, seperti terjadinya kekeringan yang mengakibatkan turunnya produksi pertanian dan lonjakan harga bahan pangan. Serta mulai timbul kasus karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di beberapa wilayah.

Oleh karena itu, Dasco, mendesak pemerintah untuk mempersiapkan langkah-langkah antisipatif agar kemarau panjang ini tidak berdampak pada rakyat, hingga membebani mereka.

“Kerja sama dan koordinasi yang baik antar berbagai pihak, antara lain BMKG, BNPB, Kementerian Pertanian, Badan Urusan Logistik, Badan Pangan Nasional, serta kementerian/lembaga lain yang terkait sangat dibutuhkan untuk melakukan mitigasi,” tegasnya.[prs]

  • Bagikan