Puan Harap TNI di Bawah Kepemimpinan Jenderal Agus Tunjukan Nertalitas di Tahun Politik

Realitarakyat.com – Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan pihaknya berharap TNI di bawah kepemimpinan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru, nantinya dapat menunjukkan netralitasnya di tahun politik ini sesuai dengan fungsi TNI.

“Artinya memang nantinya dalam tahun politik atau bulan politik ini kami berharap juga dengan ada pergantiannya Panglima TNI yang baru, bisa menjaga netralitas tersebut,” kata Puan kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/11).

Tak hanya TNI, ia juga meminta seluruh aparat penegak hukum di Indonesia untuk tetap menjaga netralitasnya, agar Pemilu yang akan digelar pada 2024 mendatang dapat berjalan dengan damai, jujur, dan adil.

“Kemudian kita jaga agar Pemilu ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga sampai Insya Allah nanti tanggal 14 Februari kita ini bisa menjalankan pesta demokrasi dengan gembira, dengan happy, dengan damai. Kemudian juga tidak ada terjadi friksi-friksi yang memecah belah persatuan,” kata dia.

Oleh karena itu, Puan berharap dan mengimbau kepada seluruh pihak untuk tetap menjaga netralitasnya dalam menjalankan Pemilu. Hal itu bertujuan agar pesta demokrasi yang dirayakan seluruh rakyat Indonesia bisa berjalan damai dan gembira.

Seperti diketahui, Rapat Paripurna DPR ke-9 yang digelar hari ini, secara resmi telah menetapkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada 26 November 2023 mendatang.

Sebelum disahkan di Paripurna, Agus juga telah menjalani sejumlah rangkaian fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR. Mulai dari seleksi administrasi, rapat dengar pendapat, hingga verifikasi faktual atau kunjungan kediaman.[prs]