Tangani Dampak El Nino, Baznas Gelontorkan Rp1,3 Miliar

  • Bagikan
El Nino
Ilustrasi /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia menyalurkan dana bantuan senilai Rp1,3 miliar untuk mengatasi dampak El Nino yang menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Kami telah salurkan dana Rp1,3 miliar untuk menyalurkan air bersih bahkan membuat sumur bor,” kata Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan di Jakarta, Selasa (7/11).

Ia mengatakan sejak Januari 2023 hingga awal November ini, 38 titik sumur bor telah dibangun Baznas untuk membantu menyediakan air bersih bagi warga terdampak.

Dia menyebut bantuan tersebut difokuskan pada penanganan kekeringan di wilayah Jawa Barat, Banten, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menghadirkan sumur bor, kata dia, merupakan manajemen air bersih yang menjadi solusi jangka panjang dalam mengatasi dampak kekeringan.

“Manajemen air ke depan ini memang sangat penting mengingat situasi cuaca yang tidak menentu,” katanya.

Dirinya menyebut biaya pembangunan satu titik sumur bor menghabiskan anggaran hingga Rp80 juta.

“Satu sumur bor itu kami menghabiskan biaya antara 50 sampai dengan 80 juta, jadi kalau yang instalasinya sedikit itu murah, tapi yang instalasinya banyak itu mahal sampai 80 juta,” ucapnya.

Baznas juga telah melakukan penyaluran air bersih ke ratusan titik di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Kami bekerja sama dengan PAM setempat untuk pengerjaannya dan pembiayaan sepenuhnya dari Baznas,” ujar Saidah.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati pada Kamis (2/11), kembali mengingatkan seluruh pihak untuk menguatkan manajemen air agar pasokan cukup untuk pertanian dan pemenuhan kebutuhan masyarakat di tengah kombinasi fenomena El Nino dan IOD positif yang memicu kekeringan.

Ia mengatakan BMKG dan beberapa pusat iklim dunia memprediksi El Nino terus bertahan pada level moderat hingga periode Desember 2023-Januari-Februari 2024, sedangkan IOD Positif akan terus bertahan hingga akhir 2023.

  • Bagikan