Liverpool Libas Austria LAKS, Dipastikan Melaju ke 16 Besar Liga Europa

  • Bagikan
Liverpool
Liverpool. //net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Liverpool meraih kemenangan 4-0 atas klub Austria LASK pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Anfield, Liverpool dan melaju ke putaran 16 besar Liga Europa.

The Reds memastikan mereka menjadi juara Grup E berkat dwigol Cody Gakpo dan sumbangan satu gol dari Luis Diaz dan Mohamed Salah, demikian catatan laman resmi UEFA.

Di tempat lain, tim peringkat kedua Toulouse bermain imbang 0-0 dengan Union Saint-Gilloise, sehingga Klopp dapat mengistirahatkan para pemain utamanya pada pertandingan tersisa di fase grup.

Para juara grup Liga Europa akan langsung melaju ke fase 16 besar, sedangkan tim-tim peringkat kedua akan memainkan pertandingan gugur dengan sistem kandang-tandang pada Februari melawan tim-tim yang finis di posisi ketiga grup di Liga Champions.

Klopp melakukan sembilan perubahan dari tim yang bermain imbang dengan Manchester City pada Sabtu (25/11) lalu, dengan Salah dan Kostas Tsimikas menjadi satu-satunya pemain yang tetap dimainkan di kedua laga tersebut.

Luis Diaz yang menerima umpan silang Joe Gomez, kemudian mengakhiri puasa golnya di Anfield sejak Agustus saat ia menanduk bola melewati kiper LASK Tobias Lawal pada menit ke-12.

Setelah membuka keunggulan tuan rumah, Diaz membantu terciptanya gol kedua Liverpool tiga menit kemudian, saat ia mengoperkan bola kepada Salah, yang kemudian memberikan umpan kepada Gakpo untuk dikonversi menjadi gol dari jarak dekat.

Salah mengemas gol ketiga Liverpool pada menit ke-51, saat ia sukses mengeksekusi penalti untuk menjadi gol ke-13nya musim ini. Penalti itu didapat Liverpool setelah Gakpo dilanggar Lawal di kotak terlarang.

Penyerang Belanda Gakpo menutup pesta gol Liverpool dengan sepakan kerasnya untuk menjadi gol, menjelang laga usai.

Terdapat persaingan langsung antara tiga tim untuk dapat lolos dari Grup C, setelah Sparta Praha yang menghuni posisi ketiga menang 1-0 atas pemuncak klasemen Real Betis, sedangkan Rangers yang berada di posisi kedua bermain imbang 1-1 dengan Aris Limassol.

Atalanta memastikan menjadi juara Grup D setelah bermain imbang 1-1 melawan Sporting Lisbon yang berada di peringkat kedua, untuk membuat kedua tim tersebut lolos ke fase gugur.

Kemenangan 3-0 Rennes atas Maccabi Haifa membawa tim Prancis tersebut ke puncak klasemen Grup F sekaligus melaju ke fase gugur, sedangkan Villarreal bergabung ke putaran selanjutnya setelah menang 3-2 atas Panathinaikos.

Kemenangan 3-2 Slavia Prague di markas Sheriff memastikan tiket fase gugur mereka dari Grup G, dan AS Roma juga melaju dengan hasil imbang 1-1 di Servette.

Bayer Leverkusen melaju ke babak 16 besar sebagai juara Grup H setelah mengalahkan Hacken dengan skor 2-0.

Di Liga Konferensi Europa, kerusuhan kerumunan menodai kemenangan Aston Villa 2-1 atas Legia Warsawa setelah tiga polisi terluka dalam bentrokan dengan penggemar klub Polandia.

Pertandingan dimainkan tanpa penggemar Legia yang dilarang masuk ke stadion akibat kerusuhan yang terjadi sebelum pertandingan, saat itu para penggemar Legia kedapatan menggunakan kembang api dan melemparkan berbagai benda ke arah polisi.

  • Bagikan