TENIS — Sinner Masuk Nominasi Petenis Terbaik ATP Awards 2023

Realitarakyat.com – Jannik Sinner dan pelatihnya, Darren Cahill dan Simone Vagnozzi, masuk nominasi ATP Awards 2023, untuk bersaing dengan tiga petenis lain dalam dua kategori dan para pelatih dalam kategori pelatih terbaik tahun ini.

Dikutip dari laman ATP, Jumat (1/12/2023), Sinner dinominasikan untuk kategori petenis terbaik tahun ini setelah naik ke peringkat tertinggi dalam kariernya, peringkat empat di ATP Rangkings, dan memenangi empat gelar dari tujuh final.

Dia bersaing dengan rekan satu timnya di Piala Davis, petenis Italia Matteo Arnaldi, dan dua petenis Amerika Christopher Eubanks dan Ben Shelton dalam kategori tersebut.

Sinner yang berusia 22 tahun juga masuk nominasi petenis paling sportif Stefan Edberg Sportsmanship Award, bersama dengan Carlos Alcaraz, Grigor Dimitrov dan Hubert Hurkacz yang juga masuk dalam nominasi.

Sementara itu, Cahill dan Vagnozzi masuk nominasi kategori pelatih bersama bersama Craig Boynton (pelatih Hubert Hurkacz), pemenang Awards 2022 Juan Carlos Ferrero (pelatih Carlos Alcaraz), Goran Ivanisevic (pelatih Novak Djokovic) dan Bryan Shelton (pelatih Ben Shelton).

Ivanisevic berhasil membimbing Novak Djokovic mencapai rekor finis di peringkat No.1 ATP akhir tahun untuk delapan kalinya pada musim ini.

Arthur Fils, unggulan teratas pada Final Next Gen ATP, menjadi salah satu dari lima pemegang nominasi pendatang baru terbaik tahun ini. Mereka adalah para petenis yang masuk ke 100 besar ATP untuk pertama kalinya pada 2023.

Nominasi petenis terbaik yang comeback tahun ini, petenis terbaik dan petenis paling sportif tahun ini ditentukan melalui pemungutan suara asosiasi pewarta tenis internasional (ITWA).

Sementara, nominasi pelatih terbaik tahun ini dipilih melalui pemungutan suara putaran pertama oleh para pelatih ATP.

Pemenang ATP Awards, termasuk favorit penggemar, akan diumumkan pada Awards Week, yang dimulai 11 Desember. Para penggemar juga dapat memilih petenis tunggal dan ganda favorit mereka hingga Jumat, 1 Desember.

Berikut daftar nominasi ATP Awards 2023.

Petenis terbaik yang comeback tahun ini “Comeback Player of the Year”

Kategori ini diisi oleh petenis yang berhasil mengatasi cedera serius dalam mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pemain top di ATP Tour.

– Dominik Koepfer
– Gael Monfils
– Struff Jan-Lennard
– Alexander Zverev

Petenis terbaik tahun ini “Most Improved Player of the Year”

Kategori ini diisi oleh petenis yang mencapai peringkat ATP jauh lebih tinggi dibanding akhir tahun lalu dan menunjukkan tingkat performa yang semakin meningkat sepanjang tahun.

– Matteo Arnaldi
– Christopher Eubanks
– Ben Shelton
– Jannik Sinner

Pendatang baru terbaik tahun ini “Newcomer of the Year”

Ketegori ini diisi oleh petenis muda ATP yang masuk ke 100 besar peringkat ATP untuk pertama kalinya pada 2023 dan memberi pengaruh terbesar di ATP Tour musim ini.

– Flavio Cobolli
– Arthur Fils
– Alex Michelsen
– Dominikus Stricker
– Luca Van Assche

Petenis paling sportif “Stefan Edberg Sportsmanship Award”

Kategori ini diisi petenis yang, sepanjang tahun, berperilaku pada tingkat profesionalisme dan integritas tertinggi, yang bersaing dengan sesama petenis dengan semangat sportivitas yang tinggi dan yang mempromosikan tenis melalui aktivitas luar lapangan.

– Carlos Alcaraz
– Grigor Dimitrov
– Hubert Hurkacz
– Jannik Sinner

Pelatih terbaik tahun ini “Coach of the Year”

Kategori ini dinominasikan dan dipilih oleh sesama anggota pelatih ATP. Penghargaan tersebut diberikan kepada pelatih ATP yang membantu membimbing para pemainnya ke tingkat performa yang lebih tinggi sepanjang tahun ini.

– Craig Boynton (Hubert Hurkacz)
– Darren Cahill dan Simone Vagnozzi (Jannik Sinner)
– Juan Carlos Ferrero (Carlos Alcaraz)
– Goran Ivanisevic (Novak Djokovic)
– Bryan Shelton (Ben Shelton). (ndi)