1.250 Putri Mandalika Ikuti Karnaval Budaya Bau Nyale di Lombok Tengah NTB

  • Bagikan
1.250 Putri Mandalika Ikuti Karnaval Budaya Bau Nyale di Lombok Tengah NTB
Putri Mandalika/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Festival budaya tahunan Bau Nyale (Cacing laut) yang resmi dijadikan agenda nasional Kementrian Pariwisata dan ekonomi kreatif RI yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) dijadwalkan akan berlangsung pada Kamis 29 Pebruari 2024 di pantai Kuta Mandalika.

Sehari sebelum puncak acara event Bau Nyale, panita pelaksana menggelar karnaval budaya yang diikuti 1.250 orang putri Mandalika yang berasal dari seluruh perwakilan Kecamatan Se Lombok Tengah dan beberapa lemabaga pendidikan, diantaranya siswi SMA/SMK, Mahasiswa Politeknik Pariwisata Lombok, Universitas Pendidikan Mandalika Mataram dan Universitas Qomarul Huda Bagu.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, Lalu Sungkul menyampaikan, kegiatan karnaval budaya ini merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan acara Event Bau Nyale di tahun 2024.

Sebelumnya pemerintah daerah telah melakukan seleksi Putri Mandalika tahun 2024 yang diikuti oleh puluhan peserta dari Kabupaten atau Kota Se NTB.

“Malam puncak Event Bau Nyale yaitu Kamis tanggal 29 Februari akan dilakukan penobatan siapa putri Mandalika tahun 2024,” katanya Rabu (28/2/2024) di Kuta Mandalika Lombok.

Ia berharap agar tradisi Bau Nyale tahun ini tetap berjalan lancar, aman, nyaman dan sukses seluruh masyarakat dihimbau agar tidak melakukan hal – hal yang dapat menganggu kesuksesan acara Bau Nyale.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri menjelaskan, kegiatan karnaval budaya Bau Nyale merupakan kegiatan yang sudah dilaksanakan pemerintah Kabupaten Lombok Tengah bersama pemerintah Propinsi NTB dalam waktu yang cukup lama, bahkan agenda ini sudah masuk menjadi kalender Nasional Kemenparekraf RI.

Budaya Bau nyale harus tetap dilestarikan selain menjadi peninggalan nenek moyang suku Sasak, kegiatan ini juga sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke pulau Lombok.

“Lombok Tengah khususnya Kuta Mandalika menjadi sentral wisata dan magnet bagi wisatawan mancanegara untuk terus berkunjung ke NTB” katanya.

Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, ya g didaulat melepas peserta pawai karnaval budaya Bau nyale, diawali dengan lima orang finalis Putri Mandalika 2024, dilanjut kontengan dulang saji dari Poltekpar dan Undikma, setelah itu kontingen Grup musik Darek, lanjut kontingen Putri PT. ITDC, kemudian kontingen Gabungan Putri Putri dari seluruh Kecamatan dan kontingen para prajurit atau pengawal.(LS)

  • Bagikan