Klub Liga 1 Tolak Lepas Pemain ke Timnas U-23, Begini Respons Menpora 

  • Bagikan
Klub Liga 1 Tolak Lepas Pemain ke Timnas U-23, Begini Respons Menpora 
Menpora Dito Ariotedjo. //NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menpora Dito Ariotedjo menanggapi klub-klub Liga 1 menolak melepas pemain gabung Timnas Indonesia U-23 proyeksi Piala Asia U-23 2024.

Dito berharap pihak klub bisa memprioritaskan kepentingan Timnas U-23 dalam upaya mengharumkan Merah Putih.

“Ya, pastinya ini yang kami selalu monitor bahwa dari jadwal liga dan agenda-agenda FIFA ini kami berharap bisa selaras dan kalau dari saya saya tentunya ingin ketika negara memanggil dan memperjuangkan merah putih apalagi jika agenda resmi FIFA,” kata Dito saat ditemui di Kemenpora, Senin (26/2).

“Kami berharap klub-klub bisa secara jiwa Merah Putih melepaskannya ke Timnas Indonesia U-23,” ujar Dito menambahkan.

Sebelumnya, sedikitnya ada tiga klub Liga 1 yang menolak melepas pemain U-23 ke Timnas U-23. Alasan utamanya karena Piala Asia U-23 bukan agenda FIFA.

Selain itu, klub-klub Liga 1 juga merujuk regulasi PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mewajibkan klub untuk memainkan minimal satu pemain U-23 dalam starting XI.

Namun, PT LIB pun telah melayangkan surat permohonan kepada PSSI untuk menghilangkan sementara kewajiban klub untuk memainkan pemain U-23 sebagai starter.

“Dalam hal ini LIB memohon untuk dilakukan amandemen pada pasal 22 ayat (3) regulasi kompetisi BRI Liga 1 2023/24 terkait kewajiban memainkan minimal 1 (satu) orang pemain U23 Warga Negara Indonesia (WNI) dalam starting IX selama minum 45 menit,” tulis PT Liga Indonesia Baru dalam rilisnya dikutip dari laman resmi LIB.

“Atas hal tersebut kami memohon relaksasi terkait implementasi regulasi tersebut untuk dihapuskan, adapun pertimbangannya sebagai bentuk dukungan kepada Tim Nasional U-23 yang berlaga di Piala Asia 2023 pada bulan April 2024 dan berlaku sejak diterbitkan sampai dengan akhir kompetisi BRI Liga 1 – 2023/24,” bunyi surat tersebut menambahkan. (ndi)

  • Bagikan