Ternyata Jus Bayam Kaya Manfaat, Bisa Kontrol Gejala Diabetes?

  • Bagikan
Petani Tembakau, Tembakau, Kalimantan Timur
Ilustrasi gambar/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Bayam adalah jenis sayuran hijau yang bisa dinikmati dalam berbagai bentuk sajian, mulai dari sup, tumis bahkan dalam bentuk jus.

Jus bayam kini mulai populer di kalangan pencinta pola makan sehat karena ringkas namun tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Meminum jus bayam secara rutin rupanya mampu memenuhi asupan protein, vitamin serta mineral harian. Berikut adalah sejumlah manfaat dari meminum jus bayam secara rutin, seperti dilansir dari laman Medical Daily pada Sabtu (17/2).

Mengontrol gejala diabetes

Bayam merupakan salah satu sumber antioksidan yang sempurna, terutama karena kandungan alpha-lipoic acid yang membantu meningkatkan kadar insulin tubuh.

Penyandang diabetes bisa mendapatkan manfaat yang signifikan dari meminum jus bayam secara rutin, karena sayuran ini mampu mengurangi risiko pengembangan neuropati perifer serta menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Membantu merawat penglihatan

Mengonsumsi jus bayam secara rutin mampu meningkatkan penglihatan seseorang, karena sayuran ini banyak mengandung beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Ketiga komponen tersebut masing-masing berperan dalam perkembangan penglihatan khususnya perkembangan makula. Makula membantu mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke mata, sehingga mampu menurunkan risiko degenerasi mata.

Kulit bebas jerawat dan rambut menjadi sehat

Rutin mengonsumsi jus bayam dapat membantu memperbarui sel-sel tubuh, terutama rambut dan kulit karena terhidrasi dengan baik.

Jus bayam yang kaya akan antioksidan mampu membuat kulit menjadi lebih sehat. Selain itu tingginya kadar vitamin A, B, C yang dikandung jus bayam membantu merangsang pertumbuhan rambut sehingga meningkatkan ketebalannya.

Mencegah kanker

Kanker berasal dari beberapa faktor, termasuk efek karsinogenik dari amino heterosiklik. Karsinogen ini berasal dari area terbakar pada makanan yang dipanggang dengan suhu tinggi.

Tingginya klorofil yang terkandung dalam jus bayam, secara efektif mampu menghambat amino yang dapat menyebabkan kelainan pada sel yang kemudian berkembang menjadi kanker.

Tidak merasa cepat lelah dan loyo

Tingginya kandungan vitamin dan mineral dalam jus bayam dapat membantu tubuh beregenerasi dan bangkit kembali meskipun telah melakukan pekerjaan rumah atau beberapa aktivitas yang biasanya melelahkan. Keseimbangan tubuh secara keseluruhan terjaga 100 persen berkat komponen jus bayam seperti magnesium dan folat.

  • Bagikan