Peningkatan Kasus Covid, Polri Kaji Ulang Izin Liga 1

  • Bagikan
Peningkatan Kasus Covid, Polri Kaji Ulang Izin Liga 1
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Mabes Polri akan mengkaji ulang perizinan Liga 1 2021/2022 usai kompetisi kasta tertinggi di tanah air itu resmi ditunda seiring meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia.

Liga 1 2021/2022 semula direncanakan akan berlangsung pada 9 Juli. Namun, pelaksanaan kompetisi ditunda hingga akhir Juli 2021 seiring permintaan dari Satgas Covid.

“Iya dimundurkan, sesuai rekomendasi Kasatgas Penanganan Covid-19,” kata Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops) Irjen Imam Sugianto saat dikonfirmasi, Rabu (7/7/2021).

Imam mengatakan perizinan untuk menggelar kegiatan yang sebelumnya telah diberikan oleh Mabes Polri tersebut akan diurungkan Nantinya, kepolisian akan menilai kembali baik buruknya gelaran liga 1 selama masa pandemi usai resmi ditunda.

“[Surat perizinan] akan diperbarui lagi,” tambah dia.

Meski semula hanya ditunda hingga akhir Juli mendatang, Liga 1 2021/2022 berpeluang diundur ke 20 Agustus 2020.

Sudjarno menyebut klub-klub mengajukan Liga 1 dimulai setidaknya satu bulan setelah PPKM Darurat karena banyak tim yang tidak dapat berlatih selama kebijakan pemerintah untuk menekan laju COVID-19 di wilayah Jawa dan Bali tersebut dilaksanakan pada 3-20 Juli 2021.

“Ada klub yang tidak bisa berlatih karena PPKM Darurat. Jadi, misalnya dimulai akhir Juli akan sangat mepet, tidak mungkin,” kata Sudjarno.

Terkait format kompetisi, Sudjarno LIB memastikan Liga 1 masih memakai sistem liga penuh dengan enam seri dan dilaksanakan memakai tiga klaster di Pulau Jawa.

“Untuk format tidak berubah, begitu juga halnya dengan klaster. Yang jelas, waktu penyelenggaraan kemungkinan akan berubah, termasuk waktu jeda antarseri,” tutupnya.[prs]

  • Bagikan