Faisol Klaim Mendag Akan Hadiri Raker dengan Komisi VI Kamis Besok

  • Bagikan
faisol
Pimpinan Komisi VI DPR, Faisol Riza /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza menyatakan jika Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi akan menghadiri rapat kerja pada Kamis (17/3) besok. Rapat kerja secara khusus akan membahas kenaikan harga dan kelangkaan komoditas minyak goreng di pasaran.

“Iya, insyaallah besok,” kata dia dalam keterangan singkatnya kepada wartawan, Rabu (16/3).

Faisol Riza menyatakan jika Menteri Perdagangan berkenan untuk menghadiri dalam rapat kerja besok. Mendag yang kinerjanya mendapatkan sorotan dari DPR dalam beberapa pekan terakhir, diharapkan akan memberikan penjelasan secara utuh mengenai kelangkaan minyak goreng dan pasokan berbagai komoditas jelang bulan puasa.

“Insyaallah hadir,” ujar Faisol Riza.

Sehari sebelumnya, Selasa 15 Maret 2022, pimpinan DPR RI geram dengan sikap Mendag M Lutfi yang terus-terusan mangkir saat dipanggil DPR untuk membahas kelangkaan minyak goreng. DPR pun mengancam akan memanggil paksa Mendag M Lutfi jika terus mangkir lagi dalam agenda rapat.

“Oleh karena itu, dalam kesempatan terakhir dalam sidang paripurna ini saya sampaikan apabila dalam undangan yang ketiga masih ada alasan, maka DPR akan menggunakan aturan dan kewenangan yang ada untuk memanggil paksa Menteri Perdagangan di DPR,” kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dalam rapat paripurna, Selasa (15/3/2022).

Sufmi Dasco menyatakan jika DPR menjalankan fungsi pengawasan terkait kelangkaan minyak goreng. Pengawasan ini dilakukan dengan cara DPR memanggil Mendag untuk menjelaskan situasi dan kondisi terkait minyak goreng.

Nyatanya, beberapa saat setelah Pimpinan DPR menyatakan kegeramannya, Mendag M Lutfi kembali mangkir dalam rapat gabungan pada Selasa sore. Rapat Gabungan sendiri digelar Komisi IV, Komisi VI dan Komisi VII DPR RI. Adapun dari pemerintah, diundang Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Kami infokan bahwa rapat internal terkait kebijakan distribusi dan harga minyak goreng dengan Bapak Presiden baru selesai pukul 15.20 WIB dan dilanjutkan rapat bersama dengan Bapak Menko Perekonomian dan Menteri Perindustrian sebagai tindak lanjut arahan Presiden pada rapat tersebut,” kata Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel yang memimpin rapat gabungan.

“Sehubungan dengan hal tersebut, Bapak Mendag belum dapat hadir bersama rapat kerja gabungan di DPR RI pada Selasa, 15 Maret 2022 pukul 16.00 WIB,” sambung Gobel dalam rapat di Ruang Badan Musyawarah (Bamus), Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.[prs]

 

  • Bagikan