Seluruh Wilayah Sulut Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

  • Bagikan
Kendari, Cuaca Ekstrem
Kekeringan/NET/ilustrasi
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah Sulawesi Utara berpotensi cuaca ekstrem hingga 3 Juli 2023.

“Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Minggu (2/7).

Karena itu dia mengimbau warga yang tinggal di daerah-daerah yang berpotensi terjadi banjir, tanah longsor ataupun pohon tumbang terus berhati-hati.

BMKG lanjut dia, akan terus menginformasikan kondisi terkini cuaca ekstrem di setiap wilayah kabupaten dan kota di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut.

Dia mengatakan, di hari ini, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung dan Kota Kotamobagu.

Selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kondisi cuaca ekstrem juga diperkirakan terjadi Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Keesokan harinya, kondisi cuaca serupa juga masih berpotensi melanda seluruh wilayah Sulut.

Selanjutnya, tanggal 4 Juli 2023, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di beberapa wilayah seperti Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

  • Bagikan