Upaya Hidupkan Wisata Malam, Borobudur Gelar Night Carnival

  • Bagikan
Upaya Hidupkan Wisata Malam, Borobudur Gelar Night Carnival
//ilustrasi /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kegiatan Borobudur Night Carnival (BNC) upaya menghidupkan wisata malam di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kata Camat Borobudur Subiyanto.

Subiyanto, di Magelang, Kamis (31/8/2023), menyampaikan dalam BNC 2023 ada dua kegiatan, yakni gelar potensi berupa kirab berlangsung pada Sabtu (2/9/2023) mulai pukul 19.30 WIB.

Kemudian bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mulai Jumat (1/9) hingga Minggu (3/9) yang diikuti sekitar 40 UMKM produk kerajinan maupun kuliner.

Ia menjelaskan pada puncak acara BNC diadakan karnaval budaya yang diikuti 20 desa di Kecamatan Borobudur dan 10 instansi maupun komunitas.

“BNC ini merupakan kegiatan tahunan dengan harapan menjadi event yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Mudah-mudahan ke depan menjadi event skala nasional,” katanya lagi.

Dia menuturkan kegiatan ini sebagai salah satu atraksi malam di Borobudur, sehingga ketika orang menginap di Borobudur dan menanyakan atraksi yang ada di Borobudur sudah mulai disiapkan.

Menurut dia, sudah ada sejumlah kegiatan di Borobudur, pertama terkait atraksi tahunan ada Borobudur Marathon dan Borobudur Night Carnival, kemudian kegiatan bulanan mulai merambah pemberdayaan masyarakat di Wanurejo namanya Jantra Budaya, dan kegiatan mingguan Borobudur Car Free Night.

“Dengan adanya sejumlah kegiatan tersebut merupakan jawaban pertanyaan ketika orang menginap di Borobudur mau lihat kegiatan yang ada harus ke mana,” katanya pula.

Ia mengatakan ada sekitar 1.400 seniman dalam BNC, semua dari Borobudur dan instansi termasuk juga komunitas rias tingkat Kabupaten Magelang yang akan meramaikan kegiatan ini.

Dalam BNC tahun ini, katanya lagi, dijual tiket berbayar bagi wisatawan yang ingin menyaksikan dari panggung VIP dengan harga Rp100 ribu dengan mendapatkan suvenir dari panitia.

Koordinator Umum BNC Edi Mandori menjelaskan kirab budaya diawali dari Lapangan Kujon sebagai titik kumpul, start kirab 100 meter sebelum panggung VIP di depan Kecamatan Borobudur, kemudian menuju Pertigaan Pos Polpar dan finish di Terminal Borobudur. (ndi)

  • Bagikan