BPDPKS Ajak Mahasiswa Atasi Kemiskinan Melalui UKMK BPDPKS

  • Bagikan
BPDPKS Ajak Mahasiswa Atasi Kemiskinan Melalui UKMK BPDPKS
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bersama Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menggelar sosialisasi Sawit Baik 2023 di Kantor Bupati Batang Hari, Jambi, pada Sabtu (7/10) lalu.

Kegiatan kali ini mengangkat tema ‘Pemanfaatan Hasil Produksi Kelapa Sawit untuk Membangun Ekonomi Kerakyatan’ dengan diikuti peserta lebih dari 100 orang.

Ketua PB PMII Adlin Pandjaitan mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengubah pola pikir masyarakat mengenai produksi kelapa sawit.

Menurutnya, kelapa sawit memiliki banyak manfaat bagi masyarakat.

“Dikatakan sawit baik karena kita ingin mengubah pola pikir masyarakat mengenai perkebunan dan produksi kelapa sawit yang selama ini masih berpikiran bahwa produksi kelapa sawit ini hanya akan merugikan masyarakat saja, perkebunan kelapa sawit hanya akan menyerap air yang begitu banyak,” ucap Adlin dalam keterangan persnya, Senin (9/10).

“Padahal jika dikaji lebih dalam masih banyak hal-hal lain yang bermanfaat dari produksi kelapa sawit ini, merujuk daripada hilirisasinya,” sambungnya.

Ia pun menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini juga sesuai dengan visi dan misi BPDPKS, yaitu menjadi badan pengelola dana yang terpercaya dalam pengembangan kelapa sawit berkelanjutan sebagai komoditas strategis nasional untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Sementara itu, Kepala Divisi Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK) BPDPKS, Helmi Muhansyah menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu upaya BPDPKS untuk mempromosikan kebaikan-kebaikan sawit.

“BPDPKS menjalankan kebijakan-kebijakan dan langkah-langkah strategis pemerintah dalam pengembangan sawit berkelanjutan,” kata Helmi yang hadir secara daring saat memberikan materi pada kegiatan tersebut.

Helmi juga menampaikan, sawit menjadi salah satu komoditi strategis dalam mendorong perekonomian dan sebagai sektor penyumbang devisa negara setiap tahunnya.

“Tidak semua masyarakat mengetahui produk turunan sawit dapat dikembangkan, sehingga kedepan bagaimana mengembangkan sawit ini terus berkelanjutan karena sawit merupakan salah satu komiditi strategis yg ada di Indonesia ini,” ujar Helmi.

Lulusan IPB itu juga menyampaikan kolaborasi dan gotong royong seluruh pemangku kepentingan adalah kunci supaya sawit ini terus berkelanjutan untuk mempromosikan kebaikan-kebaikan sawit.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Batang Hari yg diwakilkan Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Batang Hari H. M. Isah, Ketua PKC PMII Provinsi Jambi, dan Ketua Cabang PMII Batang Hari.[prs]

  • Bagikan