Bahas Hilirisasi, Erick Thohir Bertemu Bos Freeport

  • Bagikan
Bahas Hilirisasi, Erick Thohir Bertemu Bos Freeport
/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri BUMN Erick Thohir mengaku baru saja bertemu Chairman of the Board and Chief Executive Officer Freeport-McMoRan, Richard C. Adkerson.

Erick mengatakan pertemuannya itu dilakukan untuk membahas hilirisasi. Erick mengatakan pembangunan smelter Freeport tahap 2 akan rampung Mei 2024.

“(Bahas) Hilirisasi, karena Freeport kan sudah puluhan tahun, baru pertama ini di bawah pemerintahan Pak Jokowi mereka mulai berinvestasi di smelter untuk turunannya untuk tahap 1. Satu sampai dua hari ini kita akan tinjau. Untuk nanti yang tahap 2 insyaallah Mei sudah bisa selesai, tapi mulai beroperasinya biasa kalau pabrik perlu 2-3 bulan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (13/12).

Menurutnya, hal itu luar biasa. Sebab, selama ini Indonesia mengirimkan barang mentah.

“Jadi peningkatan value atau turunannya bisa di ada Indonesia, tidak dikirim ke negara lain terus,” ungkap Erick.

Saat ditanya mengenai perpanjangan kontrak Freeport, Erick mengatakan, hal itu sudah dibahas. Dia juga mengatakan, BUMN nantinya punya tambahan saham 10 persen di Freeport Indonesia.

“Itu kan sudah dibahas, kan sudah disetujui, tinggal proses penyelesaian smelternya ini benar-benar jadi baru diperpanjang gitu. Memang hal seperti itu, tetapi saham dari BUMN nanti kalau jatuh tempo kita akan punya tambah 10 persen jadi 61 persen,” ujarnya. (ndi)

  • Bagikan