Pemilu 2024 Sudah Usai, PBNU Ajak Masyarakat Bersatu Kembali

  • Bagikan
yahya menteri
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya. //NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengajak masyarakat untuk bersatu kembali usai KPU resmi menetapkan hasil Pemilu 2024. Masyarakat diimbau untuk memaknai pemilu sebagai sebuah prosedur.

“Sejak awal kami sudah sampaikan, mari menjalani ini sebagai sekadar prosedur saja. Bukan antarpihak yang habis-habisan, tapi prosedur. Kita telah memilih, hasilnya sudah keluar,” kata Gus Yahya di Jakarta, Kamis (21/3).

Gus Yahya memaknai hasil pemilu sebagai sebuah ketetapan Tuhan. Perolehan suara pada pemilu ini merupakan hasil usaha dari setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Kemarin setiap kontestan telah melakukan ikhtiar untuk mendapat suara. Hasilnya ini adalah suara kita yang mana dari perspektif agama merupakan ketentuan dari Allah SWT,” kata dia.

Gus Yahya juga meminta masyarakat dan pasangan calon untuk berhenti berkampanye. Menurutnya, hasil pemilu sudah ditetapkan dan tidak diperlukan lagi untuk berkampanye.

“Hal yang menyangkut kampanye, sudahlah ini sudah ada hasilnya. Enggak perlu kampanye lagi, soal analisis atau diskusi, monggo saja,” ucapnya.

Lebih lanjut, Gus Yahya mengajak masyarakat untuk kembali bersatu dalam momentum Ramadan kali ini. Persatuan masyarakat dibutuhkan untuk mengawasi dan membantu pemerintahan yang akan datang.

“Mari kita kembali (bersatu). Mari bermaaf-maafan dan kalau bisa kembali pererat kesatuan persatuan. Insyaallah siapapun yang akan memegang amanat atas pemerintahan ke depan bisa menjalankannya dengan baik. Kita bisa bersama mengawasi dan membantunya,” tegas Gus Yahya.[prs]

  • Bagikan