Resmian Bandara Singkawang, Presiden Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke Aguan

  • Bagikan
Resmian Bandara Singkawang, Presiden Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke Aguan
//Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada Presiden Direktur Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan saat meresmikan Bandara Singkawang, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, pada Rabu (20/3/2024).

“Yang saya hormati Pak Aguan beserta seluruh pengusaha yang asli dari Singkawang, yang telah banyak berpartisipasi dalam pembangunan bandara ini,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan dalam peresmian bandara tersebut yang ditayangkan secara virtuali melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

Bandara Singkawang, sambung Jokowi, dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan total anggaran Rp427 miliar.

“Pak Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) sudah menyampaikan bahwa (anggaran Bandara Singkawang) dari APBN Rp272 miliar kemudian dari para pengusaha Rp155 milliar,” ujarnya.

Bandara Singkawang sendiri dibangun sejak 2019 mencakup landas pacu (runway) sepanjang 2.000 meter dan pembangunan terminal seluas 8.000 meter persegi.

“Kita harapkan ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang, mempercepat mobilitas logistik dari dan ke Singkawang, dan kita harapkan nanti akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Singkawang,” ujarnya.

Selanjutnya, ia berharap keterlibatan putra daerah melalui skema itu bisa diterapkan di lebih banyak infrastruktur lain.

“Saya tadi bisik-bisik ke menteri perhubungan (Budi Karya Sumadi) bahwa bandara ini bisa dijadikan contoh, di-copy, direplikasi, di daerah-daerah yang lain, utamanya skema kerja sama tadi. Ada skema kerja sama pemerintah dan badan usaha plus CSR ini sekali lagi akan percepat potensi yang ada di berbagai wilayah di tanah air kita,” jelasnya.

Lebih lanjut, setelah Bandara Singkawang jadi, Jokowi menginstruksikan Menhub Budi Karya untuk mempersiapkan pesawat yang melayani penerbangan dari dan ke bandara tersebut.

“Asal penumpangnya penuh pasti akan makin banyak airlines yang datang ke Singkawang,” ujar Jokowi. (ndi)

  • Bagikan