Penyerang dengan postur 172 sentimeter ini sudah mengemas tiga gol dalam dua laga yang dijalani Amerika Serikat di babak penyisihan Grup E Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Penyerang timnas Amerika Serikat U-17 Nimfasha Berchimas menyebut dukungan keluarga memotivasi dirinya untuk tampil maksimal.

Ketiga gol tersebut dicetak pemain yang bermain di Major League Soccer (MLS) bersama Charlotte FC ini, saat menghadapi Korea Selatan, Minggu (12/11) dan dalam pertandingan kedua melawan Burkina Faso di Jakarta International Stadium pada Rabu sore.

“Saya hanya fokus bermain dan memikirkan keluarga. Ayah saya menonton langsung ke sini. Saya sangat bahagia, (karena) dia janji akan menonton langsung (jika saya menembus Piala Dunia),” kata Berchimas usai pertandingan. Kamis (16/11).

Pemain kelahiran 22 Februari 2008 sudah memperkuat Amerika Serikat di berbagai kategori umur mulai dari Timnas Amerika Serikat U-15, kemudian di U-16 dan saat ini Amerika Serikat U-17 di Piala Dunia.

Pemain berposisi sayap kiri ini kerap membuat lawan kerepotan karena kecepatan dan keterampilan mengolah bola yang mumpuni. Selain itu dia memiliki insting mencetak gol yang mumpuni. Hal ini dibuktikan dari dua pertandingan yang dijalaninya di Piala Dunia U-17 dan kemungkinan jumlah gol miliknya akan bertambah.

Berchimas saat ini menjadi calon peraih sepatu emas di Piala Dunia U-17 2023 dengan capaian tiga gol tersebut. Berchimas bersaing bersama lima pemain yang memiliki tiga gol dari dua pertandingan, yakni pemain Senegal Idrissa Guaye, Rayan, Kaua Elias dari Brasil, dan  penyerang Mali Mamado Doumbia.

Berchimas memiliki tandem di lini depan Amerika Serikat yakni pemain Liverpool Keyrol Figueroa yang juga memiliki insting mencetak gol mumpuni. Pemain kesayangan pelatih Amerika Serikat ini telah mengemas satu gol dari dua laga.

Sebelumnya Pelatih Amerika Serikat U-17 Gonzalo Segares menegaskan sejak awal bahwa timnya ingin bersaing dan menang di Piala Dunia U-17 Indonesia.

Menurut dia keberanian, kedalaman kualitas, dan budaya tim yang kuat menjadi modal untuk meraih hal tersebut.

“Ini akan menjadi kompetisi yang hebat bagi kami dan tujuan utama kami adalah berusaha memenangkan. Saya pikir kami memiliki tim yang cukup bagus untuk meraih trofi, tetapi pada saat yang sama, tujuan utama kami untuk para pemain ini adalah membantu mereka berkembang hingga ke level senior,” kata dia.