DKI Kembali Tembus Rekor Baru Harian Positif Covid, Hari Ini Ada 9.271 Kasus

  • Bagikan
DKI Kembali Tembus Rekor Baru Harian Positif Covid, Hari Ini Ada 9.271 Kasus
ilustrasi/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Provinsi DKI Jakarta kembali mencatat rekor tambahan harian positif Covid-19 per Sabtu (26/6/2021) yakni sebanyak 9.271 kasus baru.

Jumlah itu menambah deret rekor kasus harian setelah terakhir pada Kamis (24/6) juga mencatatkan pertambahan tertinggi yaitu 7.505 kasus.

“Lonjakan kasus positif Covid-19 masih terus terjadi di Ibu Kota. Bahkan, hari ini angka kasus positif mencapai 9.271 orang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti dalam keterangan tertulis.

Menurut Widyastuti, penambahan itu kini berpengaruh pada tingkat keterisian tempat tidur (bed occupation rate/BOR) sejumlah rumah sakit di Jakarta. Oleh karena itu, pihaknya akan memberlakukan kriteria prioritas warga yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Ia menjelaskan perawatan akan mulai diprioritaskan kepada sejumlah kelompok pasien. Beberapa di antaranya dengan syarat kondisi saturasi oksigen berada di bawah 95 persen, mengalami sesak napas, kesulitan atau tidak dapat berbicara, penurunan kesadaran, terdapat komorbid, dan bergejala sedang dengan pneumonia.

“Untuk yang bergejala ringan, seperti batuk, pilek, sakit kepala, radang tenggorokan, tidak sesak napas, maupun yang tanpa gejala, bisa menjalani isolasi mandiri saja di rumah atau fasilitas isolasi terkendali,” kata Widya.

Ia pun meminta warga DKI agar tidak panik ketika dinyatakan positif Covid-19. Widyastuti menerangkan bahwa warga bisa langsung melapor ke Satgas tingkat RT/RW atau puskesmas, agar langsung dirujuk atau penanganan awal.

Sementara itu, kata Widya saat ini, total rumah di wilayah DKI Jakarta telah merawat pasien Covid-19. Dari jumlah itu, RSUD/RSKD di bawah Pemprov DKI Jakarta seluruhnya mulai digunakan hanya untuk merawat pasien Covid-19.

“Walaupun demikian, kami akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan fasilitas-fasilitas kesehatan untuk menambah jumlah tempat tidur perawatan Covid-19 di Jakarta,” kata dia.

Sementara itu per hari ini, Sabtu, secara nasional ada penambahan 21.095 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Itu adalah rekor lonjakan harian positif baru selama pandemi Covid-19 di Indonesia.

Dengan demikian, per hari ini, total akumulatif kasus Covid di Indonesia menjadi 2.093.962 sejak kasus pertama diumumkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Maret 2020.

Seperti dilansir dari akun Twitter Kemenkes RI, dari total angka akumulatif itu sebanyak 1.842.457 sembuh (bertambah 7.396) dan 56.729 meninggal (bertambah 358). Sehingga, kasus aktif Covid per hari ini–baik dirawat maupun isolasi mandiri– adalah 194.776 orang.[prs]

  • Bagikan