Kanada Setujui Dosis Booster COVID-19 Bivalen Pertama

  • Bagikan
Vaksin Covid-19
ilustrasi/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan kesehatan masyarakat Health Canada pada Kamis (1/9) menyetujui versi adaptasi dari vaksin COVID-19 Moderna Spikevax yang menargetkan virus orisinal SARS-CoV-2 dari 2019 dan varian Omicron (BA.1).

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh badan tersebut, vaksin yang dikenal sebagai vaksin “bivalen”, sudah mendapatkan izin untuk digunakan sebagai dosis penguat (booster) pada individu berusia 18 tahun ke atas.

Ini merupakan vaksin COVID-19 bivalen pertama yang mendapat persetujuan di Kanada, sebut Health Canada, seraya menambahkan bahwa dosis booster Moderna Spikevax bivalen itu aman dan efektif dengan efek samping ringan serupa yang dapat membaik dengan cepat.

Hasil uji klinis menunjukkan bahwa dosis booster vaksin Moderna Spikevax bivalen memicu respons kekebalan yang kuat terhadap Omicron (BA.1) dan galur virus orisinal SARS-CoV-2, tambah badan kesehatan masyarakat tersebut.

Ditemukan pula bahwa dosis booster itu mampu menghasilkan respons imun yang baik terhadap subvarian Omicron BA.4 dan BA.5, dan diperkirakan dapat memperpanjang daya tahan perlindungan, papar Health Canada. (ndi)

  • Bagikan