Legislator Golkar Apresiasi Kinerja Polri yang Berhasil Bendung Arus Mudik Lebaran 2021

  • Bagikan
Legislator Golkar Apresiasi Kinerja Polri yang Berhasil Bendung Arus Mudik Lebaran 2021
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kalangan dewan mengapresiasi penyekatan arus mudik pada Lebaran tahun 2021 yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Menurut anggota Komisi III DPR RI, Rudy Masud meski dalam penerapannya masih ada kecolongan namun tugas polisi dalam penegakan aturan larangan mudik layak diapresiasi. Apalagi dengan langkah tersebut, penekanan Covid-19 cukup efektif.

“Meskipun cukup berat tugas Pak Polisi saat mudik Lebaran kali ini, tapi kita patut apresiasi dan acungi jempol karena sudah semaksimal mungkin melakukan tugas penyekatan. Sehingga, kekuatiran kita bahwa arus pemudik tak terbendung, tidak terjadi,” papar Rudy kepada wartawan usai Sidang Paripurna DPR RI, Kamis (20/5/2021).

Diakui oleh politisi muda Partai Golkar asal Kalimantan Timur ini, bahwa Polisi sudah berusaha sekuat tenaga menahan laju pemudik khususnya pengendara motor namun tetap jebol juga pertahanan penyekatan dan pengetatan seperti di jalur pantura Karawarang beberapa hari menjelang Idul Fitri.

“Ya, manusiawi. Polisi sudah semaksimal mungkin menahan laju pemudik, tapi karena situasi dan kondisi di lapangan yang sangat crowded, maka terjadilah pelonggaran di sejumlah titik,” imbuh Harum, sapaan akrab Rudy Masud.

Esensinya, sebut Harum, adalah bagaimana pemerintah sudah berusaha keras untuk menghindari terjadinya kerumunan massa secara massal saat mudik Lebaran tahun ini dengan adanya aturan penyekatan dan pengetatan area.

Polisi dan jajaran lain yang menjalankan tugas di lapangan tak urung mengalami kesulitan. Hal itu patut menjadi catatan, khususnya koordinasi dengan pemerintah daerah sehingga kasus-kasus titik penyekatan jebol oleh pemudik tidak terulang.

“Kalau sampai arus mudik Lebaran tahun ini tidak diatur ketat, kita kuatirkan terjadi tsunami covid di daerah-daerah seperti terjadi di India. Bahaya ini, jangan sampai kerja keras pemerintah untuk pulih dari pandemi jadi gatot alias gagal total. Kita dukung langkah itu demi kemaslahatan. Kita akan maju dan pulih jika semua sesuai aturan. Bravo Polri!” pungkas Rudy Masud.[prs]

  • Bagikan