Sanksi Tilang Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi, Wagub Riza: Lihat Nanti

  • Bagikan
sanksi
Wagub DKI Ahmad Riza Patria /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya belum memastikan penerapan sanksi tilang bagi kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi pada 13 November 2021 mendatang. Sanksi ini, kata Riza, tergantung jumlah kendaraan yang sudah melakukan uji emisi.

“(Sanksi tilang) Kita akan lihat nanti sampai tanggal 13 November berapa persen yang sudah dilakukan uji emisi,” ujar Riza di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (6/11).

Riza meminta masyarakat untuk bergegas melakukan uji emisi kendaraan bermotor sebelum tanggal 13 November 2021. Menurut Riza, kegiatan uji emisi dilakukan untuk keselamatan warga itu sendiri.

“Kita harapkan partisipasi, dukungan masyarakat yang memiliki kendaraan roda empat maupun roda dua untuk dilakukan uji emisi, semua dimaksudkan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan warga Jakarta,” tandas Riza.

Lebih lanjut, Riza mengatakan pihaknya akan terus menambahkan lokasi-lokasi uji emisi agar masyarakat mendapatkan akses yang mudah. Hingga saat ini terdapat 250 penyelenggara uji emisi kendaraan roda empat dan 15 penyelenggara uji emisi kendaraan roda dua di Jakarta.

Untuk mempermudah masyarakat melakukan pengujian, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah menyediakan aplikasi E-Uji Emisi yang dapat diunduh melalui ponsel pintar. Aplikasi tersebut dihadirkan agar masyarakat dapat melakukan pendaftaran yang lebih mudah di manapun dan kapanpun, pengecekan hasil uji emisi dan riwayat uji emisi kendaraan secara digital, serta informasi seputar daftar tempat, bengkel, kios, maupun kendaraan layanan terdekat yang telah mendapat izin menyelenggarakan uji emisi.

“Ini terus kita kembangkan dengan pihak pihak swasta dan terkait untuk memastikan bahwa seluruh kendaraan yang ada di Jakarta bisa mendapatkan uji emisi,” pungkas Riza.[prs]

  • Bagikan