Usai Tahun Baru dan Libur Natal, Bantul Nihil Kasus Covid-19

  • Bagikan
Usai Tahun Baru dan Libur Natal, Bantul Nihil Kasus Covid-19
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, nihil kasus konfirmasi COVID-19 dalam sehari, sehingga total kasus positif secara kumulatif hingga Selasa tetap sebanyak 57.417 orang.

Berdasarkan data Satgas Penanggulangan COVID-19 di Bantul, Selasa (4/1) kasus konfirmasi nol orang, sementara kasus konfirmasi sembuh nol orang, kemudian kasus konfirmasi yang meninggal nol orang, atau tidak ada laporan kasus baru.

Dengan tanpa perkembangan kasus harian itu, maka total kasus positif COVID-19 di Bantul tetap 57.417 orang, dengan angka kesembuhan mencapai 55.841 orang, sedangkan kasus kematian berjumlah 1.569 orang.

Dengan demikian, jumlah kasus aktif COVID-19 atau pasien yang masih terinfeksi dan menjalani isolasi mandiri maupun karantina di selter atau rumah sakit wilayah Bantul, per hari Selasa, tinggal tujuh orang.

Pasien isolasi itu berdasarkan domisili tersebar di lima dari total 17 kecamatan seluruh Bantul, yaitu Kecamatan Bantul dua orang, Sewon dua orang, kemudian Jetis, Bambanglipuro, dan Imogiri masing-masing satu orang.

Disebutkan pula untuk 12 kecamatan di Bantul lainnya yang sudah nol kasus COVID-19 atau tanpa pasien isolasi adalah Banguntapan, Kasihan, Sedayu, Piyungan, Pajangan, Pleret, Dlingo, Pandak, Pundong, kemudian Sanden, Srandakan, dan Kretek.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengajak masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19, meski penularan dapat terkendali, dan pandemi semakin melandai.

“Mari bersama kita putus rantai penyebaran COVID-19 dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas,” katanya.

Terkait dengan vaksinasi COVID-19, dari total sasaran vaksinasi di Bantul sebanyak 899.352 orang, sudah ada 741.730 orang atau 83,47 persen yang divaksinasi dosis pertama, sehingga masih sebanyak 17,53 persen penduduk Bantul yang belum divaksinasi.

Bagi warga Bantul yang belum divaksinasi COVID-19 bisa datang langsung ke Dinas Kesehatan dengan membawa identitas KTP atau mendaftar vaksinasi melalui website ikutvaksin.bantulkab.go.id.

  • Bagikan