Lima Kabupaten di Kepri Bertahan Nihil Kasus Covid

  • Bagikan
Kedaruratan Kesehatan, Covid-19
Ilustrasi/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat lima kabupaten dan kota di wilayah itu bertahan nihil kasus aktif COVID-19, tiga di antaranya lebih dari sebulan.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Adi Prihantara mengatakan, kabupaten dan kota yang nihil kasus aktif COVID-19 adalah Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Lingga, Anambas dan Natuna nihil kasus aktif COVID-19 lebih dari sebulan lalu. Sementara Bintan dan Tanjungpinang berulang kali nihil kasus aktif COVID-19, namun tidak bertahan lama.

Begitu pula dengan Kota Batam dan Kabupaten Karimun. Dua daerah ini berulang kali nihil kasus aktif COVID-19, namun hanya bertahan sebentar. Saat ini, kasus aktif di Batam dan Karimun masing-masing dua orang.

Sementara sejak dua hari lalu sampai sekarang tidak ada penambahan pasien baru. Kasus kematian pasien COVID-19 juga jarang terjadi sejak tiga bulan terakhir.

“Mudah-mudahan seluruh pasien COVID-19 segera sembuh,” ucap Sekda Kepri itu, Selasa (21/6).

Satgas Penanganan COVID-19 RI menetapkan Lingga dan Anambas sebagai Zona Hijau.

Lima daerah lainnya di Kepri yakni Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kota Batam, Tanjungpinang dan Kabupaten Natuna masih berstatus sebagai Zona Kuning atau risiko penularan rendah.

“Kami imbau masyarakat untuk menaati protokol kesehatan terutama saat beraktivitas di tempat keramaian,” katanya.

Terkait Omicron BA.4 dan BA.5, subvarian dari COVID-19, sejauh ini belum ditemukan di Kepri. Meski demikian, ia minta masyarakat tetap waspada dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Di berbagai daerah jumlah kasus aktif COVID-19 cenderung meningkat, karena itu kita harus waspada tanpa panik,” imbaunya.

  • Bagikan